Sunday, February 4, 2018

RPP K13 Kelas X Pendidikan Agama Islam ( Aku selalu dekat dengan Allah swt )

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( R P P )

Sekolah
:
SMA Negeri …………..
Matapelajaran
:
Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester
:
X/ Ganjil
Materi Pokok
:
Aku selalu dekat dengan Allah swt
Alokasi Waktu
:
3x 3Jam Pelajaran

A.    Kompetensi Inti (KI)
(K2)   : Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan,  gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
(K3)    :Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
(K4)     :Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator

Kompetensi Dasar
Indikator
2.6Menunjukkan sikap keluhuran budi, kokoh pendirian, pemberi rasa aman, tawakkal dan perilaku adil sebagai implementasi dari pemahaman Asmaul Husna(al-Kariim, al-Mu’min, al-Wakiil, al-Matiin, al-Jaami’, al-‘Adl, dan al-Akhiir)
2.6.1 Membaca al-Qur’an yang berkaitan dengan al-Asma’u al-Husna, Q.S al-A’raf:180, Q.S al-Infitar:6, Q.S al-An’am:82, Q.S az-Zariyat:58, Q.S Ali’Imron:9, Q.S al-An’am:115, dan Q.S al-Hadid:3
3.5Memahami makna Asmaul Husna: (alKariim, al-Mu’min, al-Wakiil, al-Matiin, al-Jaami’, al-‘Adl, dan al-Akhiir)
3.5.1 Menjelaskan makna isi Q.S al-A’raf:180, Q.S al-Infitar:6, Q.S al-An’am:82, Q.S az-Zariyat:58, Q.S Ali’Imron:9, Q.S al-An’am:115, dan Q.S al-Hadid:3 yang berkaitan dengan al-Asma’u al-Husna
4.3Berperilaku yang mencontohkan keluhuran budi, kokoh pendirian, pemberi rasa aman, tawakal dan perilaku adil sebagai implementasi dari pemahaman makna Asmaul Husna (al-Kariim, al-Mu’min, al-Wakiil, al-Matiin, al-Jaami’, al-‘Adl, dan al-Akhiir)
4.3.1 Menampilkan contoh perilaku al-Kariim, al-Mu’min, al-Wakiil, al-Matiin, al-Jaami’, al-‘Adl, dan al-Akhiir, berdasarkanQ.S al-A’raf:180, Q.S al-Infitar:6, Q.S al-An’am:82, Q.S az-Zariyat:58, Q.S Ali’Imron:9, Q.S al-An’am:115, dan Q.S al-Hadid:3

C.    Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu :
1.      Membaca al-Qur’an yang berkaitan dengan al-Asma’u al-Husna, Q.S al-A’raf:180, Q.S al-Infitar:6, Q.S al-An’am:82, Q.S az-Zariyat:58, Q.S Ali’Imron:9, Q.S al-An’am:115, dan Q.S al-Hadid:3
2.      Menjelaskan makna isi Q.S al-A’raf:180, Q.S al-Infitar:6, Q.S al-An’am:82, Q.S az-Zariyat:58, Q.S Ali’Imron:9, Q.S al-An’am:115, dan Q.S al-Hadid:3 yang berkaitan dengan al-Asma’u al-Husna
3.      Menampilkan contoh perilaku al-Kariim, al-Mu’min, al-Wakiil, al-Matiin, al-Jaami’, al-‘Adl, dan al-Akhiir, berdasarkan Q.S al-A’raf:180, Q.S al-Infitar:6, Q.S al-An’am:82, Q.S az-Zariyat:58, Q.S Ali’Imron:9, Q.S al-An’am:115, dan Q.S al-Hadid:3

D.    Materi Pembelajaran
Al-asma’u al-husna terdiri atas dua kata, asma yang berarti nama-nama, dan husna yang berarti baik atau indah. Al-asma’u al-husna dapat diartikan sebagai nama-nama yang baik lagi indah yang hanya dimiliki oleh Allah swt. Kata al-asma’u al-husna diambil dari ayat al-Qur’an Q.S Thaha:8 yang artinya “Allah swt. Tidak ada tuhan melainkan dia. Dia memiliki nama al-asma’u al-husna (nama-nama biak)”.
Dalil tentang al-asma’u al-husna. Allah swt berfirman,yang artinya “Dan Allah swt memiliki asmaul husna, maka bermohonlah kepada-Nya dengan (menyebut) nama-nama-Nya yang baik itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyimpang dalam (menyebut) nama-nama-Nya. Nanti mereka akan mendapat balasan terhadap apa yang mereka kerjakan”. (Q.S Al-A’raf: 180)
Hadist Rasullullah saw. Yang diriwayatkan oleh imam Bukhari,yang artinya: “Dari Abu Hurairah ra. Sesungguhnya Rasulullah saw bersabda: sesungguhnya Allah swt mempunyai sembilan puluh sembilan nama,seratus kurang satu, barang siapa yang menghafalkannya, maka ia akan masuk surga”. (H.R Bukhari)

E.     Metode Pembelajaran
1.      Reading guide dengan The Power of Two
2.      Cooperative learning / Coure Review Horay

F.     Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran:
1.    Media                  : Teks bacaan dalam Software quranflash_tajweed dan Quran-in-
                                   word-1.3. File Video
2.    Alat                      : Laptop, LCD projektor
3.    Sumber Belajar    :Buku PAI, Tafsir al-Qur’an, dan sumber lain yang menunjang (internet dan buku).

G.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
a.      Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
Dalam Kegiatan Pendahuluan, Guru :
1.      Membuka proses pembelajaran dengan memberi salam dan berdo’a,
2.      Mengelola kelas (mengecek kesiapan, absensi, tempat duduk, dan perlengkapan lainnya)
3.      Menyampaikan penjelasan tentang tujuan pembelajaran yang akan dicapai
4.      Memberikan penjelasan tentang tahapan kegiatan pembelajaran yang meliputi mengamati, menanya, eksperimen/eksplorasi, menyimpulkan, serta mengomunikasikan.
5.      Memberi motivasi peserta didik
b.      Kegiatan Inti (105 menit)
1.      Mengamati
a.       Mencermati bacaan teks tentang Asmaul Husna(al-Kariim, al-Mu’min, al-Wakiil, al-Matiin, al-Jaami’, al-‘Adl, dan al-Akhiir)
b.      Meyimak penjelasan materi di atas melalui tayangan vidio atau media lainnya.
2.      Menanya
a.       Mengapa Allah memiliki nama yang begitu banyak?
b.      Apa yang harus dilakukan oleh umat Islam terkait nama-nama Allah yang indah itu?
3.      Mengumpulkan data/eksplorasi
Peserta didik mendiskusikan makna dan contoh perilaku keluhuran budi, kokoh pendirian, pemberi rasa aman, tawakal dan perilaku adil sebagai implementasi dari pemahaman makna Asmaul Husna (al-Kariim, al-Mu’min, al-Wakiil, al-Matiin, al-Jaami’, al-‘Adl, dan al-Akhiir)
Guru mengamati perilaku keluhuran budi, kokoh pendirian, pemberi rasa aman, tawakal dan perilaku adil melalui lembar pengamatan di sekolah.
Guru berkolaborasi dengan orang tua untuk mengamati perilaku keluhuran budi, kokoh pendirian, pemberi rasa aman, tawakal dan perilaku adil di rumah.
4.      Mengasosiasi
Membuat kesimpulan materi di atas.
5.      Mengkomunikasikan
Mempresentasikan /menyampaikan hasil diskusi tentang materi di atas.
c.       Penutup
1.      Melaksanakan refleksi dan kesimpulan sebagaimana yang terdapat dalam buku teks peserta didik pada kolom rangkuman, serta mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya, dalam menerapkan perilaku perjuangan dakwah Rasulullah saw di mekah, baik di rumah, di sekolah dan maupun di masyarakat
2.      Guru dan peserta didik menyimpulkan intisari dari pelajaran tersebut.
3.      Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik secara individu maupun kelompok, bagi peserta didik yang belum menguasai pembelajaran dakwah Rasulullah saw di mekah, melakukan remedial, atau pengembangan materi bagi peserta didik yang lebih berkembang secara kreatif, inovatif dan produktif
4.      Menyampaikan tema dan rencana pembelajaran pada peremuan berikutnya

H.    Penilaian
Rubrik  penilaian:
1.      Kejelasan dan kedalaman informasi
•  Jika kelompok tersebut dapat memberikan kejelasan dan kedalamaninformasi dengan sangat baik, skor 100.
•  Jika kelompok tersebut dapat memberikan kejelasan dan kedalamaninformasi dengan baik, skor 75.
•  Jika kelompok tersebut dapat memberikan kejelasan dan kedalamaninformasi dengan cukup baik, skor 50.
•  Jika kelompok tersebut dapat memberikan kejelasan dan kedalamaninformasi dengan kurang baik, skor 25.
2.      Kemampuan bertanya, menjawab dan menanggapi dalam diskusi
•  Jika kelompok tersebut  berperan sangat aktif  dalam diskusi, skor 100.
•  Jika kelompok tersebut berperan  aktif dalam diskusi, skor 75.
•  Jika kelompok tersebut cukup aktif dalam diskusi, skor 50.
•  Jika kelompok tersebut kurang aktif dalam diskusi, skor 25.
3.      Kejelasan dan kerapian presentasi
•  Jikakelompoktersebutdapatmempresentasikansangatjelasdanrapi,skor100.
•  Jika kelompok tersebut dapat mempresentasikan jelas dan rapi, skor 75.
•  Jikakelompoktersebutdapatmempresentasikankurangjelasdan kurangrapi, skor 50.
•  Jikakelompoktersebutdapatmempresentasikantidakjelasdantidakrapi,skor 2jumlah nilai yang diperoleh peserta didik 

Nilai akhir  =                                                                          x 100
300



4.      Tugas Kelompok

Dalam kegiatan tugas/kerja kelompok hal-hal yang dilakukan guru adalah:
a. Membuat kelompok sesuai dengan jumlah peserta didik di dalamkelasnya maksimal 5 orang dalam satu kelompok.
b. Masing-masing kelompok mengerjakan tugas sesuai dengan perintah yang ada di dalam buku peserta didik, guru melakukan mentoring.
c. Masing-masingkelompokmempresentasikanhasilkerjanyadankelompok lainnyamemberikantanggapan,gurumelakukanpengamatandanpenilaian (sangat baik, baik, cukup baik, atau kurang baik).
d. Gurumemberikankomentarataupenguatanterhadapmateriyang didiskusikan oleh peserta didik.




                                                                        Lumajang, 1 Juli  2014
Kepala Sekolah,                                                          Guru Mata Pelajaran,







No comments:

Post a Comment

Makalah QS At Tin

BAB I PENDAHULUAN 1.1.        Latar Belakang Al-Qur'an adalah kitab suci yang diturunkan Allah kepada nabi kita Muhammad.Saw se...