( R P P )
Sekolah
|
:
|
SMA Negeri …………..
|
Matapelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas/Semester
|
:
|
X/ Ganjil
|
Materi Pokok
|
:
|
Aku selalu dekat dengan Allah swt
|
Alokasi Waktu
|
:
|
3x 3Jam Pelajaran
|
A.
Kompetensi Inti (KI)
(K2) : Mengembangkan
perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah
lingkungan, gotong royong, kerjasama,
cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia.
(K3) :Memahami dan menerapkan
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
(K4) :Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
2.6Menunjukkan sikap keluhuran budi, kokoh
pendirian, pemberi rasa aman, tawakkal dan perilaku adil sebagai implementasi
dari pemahaman Asmaul Husna(al-Kariim, al-Mu’min, al-Wakiil,
al-Matiin, al-Jaami’, al-‘Adl, dan al-Akhiir)
|
2.6.1 Membaca
al-Qur’an yang berkaitan dengan al-Asma’u al-Husna, Q.S al-A’raf:180, Q.S
al-Infitar:6, Q.S al-An’am:82, Q.S az-Zariyat:58, Q.S Ali’Imron:9, Q.S
al-An’am:115, dan Q.S al-Hadid:3
|
3.5Memahami makna Asmaul Husna: (alKariim,
al-Mu’min, al-Wakiil, al-Matiin, al-Jaami’, al-‘Adl, dan al-Akhiir)
|
3.5.1
Menjelaskan makna isi Q.S al-A’raf:180, Q.S al-Infitar:6, Q.S al-An’am:82,
Q.S az-Zariyat:58, Q.S Ali’Imron:9, Q.S al-An’am:115, dan Q.S al-Hadid:3 yang
berkaitan dengan al-Asma’u al-Husna
|
4.3Berperilaku yang mencontohkan keluhuran budi,
kokoh pendirian, pemberi rasa aman, tawakal dan perilaku adil sebagai
implementasi dari pemahaman makna Asmaul Husna (al-Kariim, al-Mu’min,
al-Wakiil, al-Matiin, al-Jaami’, al-‘Adl, dan al-Akhiir)
|
4.3.1
Menampilkan contoh perilaku al-Kariim, al-Mu’min, al-Wakiil, al-Matiin, al-Jaami’, al-‘Adl, dan al-Akhiir, berdasarkanQ.S al-A’raf:180, Q.S al-Infitar:6, Q.S al-An’am:82, Q.S
az-Zariyat:58, Q.S Ali’Imron:9, Q.S al-An’am:115, dan Q.S al-Hadid:3
|
C. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu :
1.
Membaca al-Qur’an
yang berkaitan dengan al-Asma’u al-Husna, Q.S al-A’raf:180, Q.S al-Infitar:6,
Q.S al-An’am:82, Q.S az-Zariyat:58, Q.S Ali’Imron:9, Q.S al-An’am:115, dan Q.S
al-Hadid:3
2.
Menjelaskan makna
isi Q.S al-A’raf:180, Q.S al-Infitar:6, Q.S al-An’am:82, Q.S az-Zariyat:58, Q.S
Ali’Imron:9, Q.S al-An’am:115, dan Q.S al-Hadid:3 yang berkaitan dengan
al-Asma’u al-Husna
3.
Menampilkan
contoh perilaku al-Kariim, al-Mu’min, al-Wakiil, al-Matiin, al-Jaami’, al-‘Adl, dan al-Akhiir, berdasarkan Q.S al-A’raf:180, Q.S
al-Infitar:6, Q.S al-An’am:82, Q.S az-Zariyat:58, Q.S Ali’Imron:9, Q.S
al-An’am:115, dan Q.S al-Hadid:3
D. Materi Pembelajaran
Al-asma’u al-husna terdiri atas dua kata, asma
yang berarti nama-nama, dan husna yang berarti baik atau indah. Al-asma’u
al-husna dapat diartikan sebagai nama-nama yang baik lagi indah yang hanya
dimiliki oleh Allah swt. Kata al-asma’u al-husna diambil dari ayat al-Qur’an
Q.S Thaha:8 yang artinya “Allah swt. Tidak ada tuhan melainkan dia. Dia
memiliki nama al-asma’u al-husna (nama-nama biak)”.
Dalil tentang al-asma’u al-husna. Allah swt
berfirman,yang artinya “Dan Allah swt memiliki asmaul husna, maka bermohonlah
kepada-Nya dengan (menyebut) nama-nama-Nya yang baik itu dan tinggalkanlah
orang-orang yang menyimpang dalam (menyebut) nama-nama-Nya. Nanti mereka akan
mendapat balasan terhadap apa yang mereka kerjakan”. (Q.S Al-A’raf: 180)
Hadist Rasullullah saw. Yang diriwayatkan oleh
imam Bukhari,yang artinya: “Dari Abu Hurairah ra. Sesungguhnya Rasulullah saw
bersabda: sesungguhnya Allah swt mempunyai sembilan puluh sembilan nama,seratus
kurang satu, barang siapa yang menghafalkannya, maka ia akan masuk surga”. (H.R
Bukhari)
E. Metode Pembelajaran
1.
Reading guide dengan The Power of Two
2.
Cooperative learning / Coure Review Horay
F.
Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran:
1.
Media :
Teks bacaan dalam Software
quranflash_tajweed dan Quran-in-
word-1.3. File Video
2.
Alat :
Laptop, LCD projektor
3.
Sumber Belajar :Buku PAI, Tafsir al-Qur’an, dan
sumber lain yang menunjang (internet dan buku).
G.
Langkah-langkah Kegiatan
Pembelajaran:
a. Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
Dalam
Kegiatan Pendahuluan, Guru :
1. Membuka
proses pembelajaran dengan memberi salam dan berdo’a,
2.
Mengelola kelas (mengecek kesiapan, absensi, tempat duduk, dan
perlengkapan lainnya)
3.
Menyampaikan penjelasan tentang tujuan pembelajaran yang akan
dicapai
4.
Memberikan penjelasan tentang tahapan kegiatan pembelajaran yang
meliputi mengamati, menanya, eksperimen/eksplorasi, menyimpulkan, serta mengomunikasikan.
5.
Memberi
motivasi peserta didik
b.
Kegiatan Inti (105
menit)
1. Mengamati
a. Mencermati bacaan teks tentang Asmaul Husna(al-Kariim, al-Mu’min, al-Wakiil, al-Matiin, al-Jaami’,
al-‘Adl,
dan al-Akhiir)
b. Meyimak penjelasan materi di atas melalui tayangan
vidio atau media lainnya.
2. Menanya
a. Mengapa Allah memiliki nama yang begitu banyak?
b. Apa yang harus dilakukan oleh umat Islam terkait
nama-nama Allah yang indah itu?
3. Mengumpulkan data/eksplorasi
Peserta didik mendiskusikan makna dan contoh perilaku keluhuran budi, kokoh
pendirian, pemberi rasa aman, tawakal dan perilaku adil sebagai implementasi
dari pemahaman makna Asmaul Husna (al-Kariim, al-Mu’min, al-Wakiil,
al-Matiin, al-Jaami’, al-‘Adl, dan al-Akhiir)
Guru mengamati perilaku keluhuran budi, kokoh pendirian,
pemberi rasa aman, tawakal dan perilaku adil melalui lembar pengamatan di sekolah.
Guru berkolaborasi dengan orang tua untuk mengamati
perilaku keluhuran
budi, kokoh pendirian, pemberi rasa aman, tawakal dan perilaku adil di rumah.
4. Mengasosiasi
Membuat kesimpulan materi di atas.
5. Mengkomunikasikan
Mempresentasikan /menyampaikan hasil diskusi tentang
materi di atas.
c.
Penutup
1.
Melaksanakan
refleksi dan kesimpulan sebagaimana yang terdapat dalam buku teks peserta didik
pada kolom rangkuman, serta mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didik
dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan
langkah selanjutnya, dalam menerapkan perilaku perjuangan dakwah Rasulullah saw
di mekah, baik di rumah, di sekolah dan maupun di masyarakat
2.
Guru
dan peserta didik menyimpulkan intisari dari pelajaran tersebut.
3.
Merencanakan
kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik secara individu maupun
kelompok, bagi peserta didik yang belum menguasai pembelajaran dakwah
Rasulullah saw di mekah, melakukan remedial, atau pengembangan materi bagi
peserta didik yang lebih berkembang secara kreatif, inovatif dan produktif
4.
Menyampaikan
tema dan rencana pembelajaran pada peremuan berikutnya
H.
Penilaian
Rubrik
penilaian:
1.
Kejelasan
dan kedalaman informasi
• Jika kelompok tersebut dapat memberikan
kejelasan dan kedalamaninformasi dengan sangat baik, skor 100.
• Jika kelompok
tersebut dapat memberikan kejelasan dan kedalamaninformasi dengan baik, skor
75.
• Jika kelompok
tersebut dapat memberikan kejelasan dan kedalamaninformasi dengan cukup baik,
skor 50.
• Jika kelompok
tersebut dapat memberikan kejelasan dan kedalamaninformasi dengan kurang baik,
skor 25.
2.
Kemampuan
bertanya, menjawab dan menanggapi dalam diskusi
• Jika kelompok tersebut berperan sangat aktif dalam diskusi, skor 100.
• Jika kelompok tersebut berperan aktif dalam diskusi, skor 75.
• Jika kelompok tersebut cukup aktif dalam
diskusi, skor 50.
• Jika kelompok tersebut kurang aktif dalam
diskusi, skor 25.
3.
Kejelasan
dan kerapian presentasi
•
Jikakelompoktersebutdapatmempresentasikansangatjelasdanrapi,skor100.
• Jika kelompok tersebut dapat mempresentasikan
jelas dan rapi, skor 75.
•
Jikakelompoktersebutdapatmempresentasikankurangjelasdan kurangrapi, skor
50.
•
Jikakelompoktersebutdapatmempresentasikantidakjelasdantidakrapi,skor 2jumlah
nilai yang diperoleh peserta didik

300
4.
Tugas Kelompok
Dalam kegiatan tugas/kerja kelompok hal-hal yang
dilakukan guru adalah:
a. Membuat kelompok sesuai dengan jumlah
peserta didik di dalamkelasnya maksimal 5 orang dalam satu kelompok.
b. Masing-masing kelompok mengerjakan
tugas sesuai dengan perintah yang ada di dalam buku peserta didik, guru
melakukan mentoring.
c.
Masing-masingkelompokmempresentasikanhasilkerjanyadankelompok
lainnyamemberikantanggapan,gurumelakukanpengamatandanpenilaian (sangat baik,
baik, cukup baik, atau kurang baik).
d.
Gurumemberikankomentarataupenguatanterhadapmateriyang didiskusikan oleh peserta
didik.
Lumajang, 1 Juli 2014
Kepala
Sekolah,
Guru Mata
Pelajaran,
No comments:
Post a Comment