( R P P )
Sekolah
|
:
|
SMA Negeri …………..
|
Matapelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas/Semester
|
:
|
X/ Ganjil
|
Materi Pokok
|
:
|
Barbusana muslim dan muslimah merupakan cermin kepribadian dan keindahan
diri
|
Alokasi Waktu
|
:
|
3
x 3Jam Pelajaran
|
A.
Kompetensi Inti (KI)
(K2) : Mengembangkan
perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah
lingkungan, gotong royong, kerjasama,
cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia.
B. Kompetensi Dasar dan
Indikator
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
1.4 Berpakaian sesuai dengan syari’at Islam dalam kehidupan sehari-hari
|
1.4.1 Membaca
Q.S al-Ahzab:59 dan Q.S an-Nur:31 tentang busana muslim dan muslimah
1.4.2
Menjelaskan makna isi Q.S al-Ahzab:59 dan Q.S an-Nur:31 tentang busana muslim
dan muslimah
1.4.1
Menampilkan contoh perilaku berdasarkan Q.S al-Ahzab:59 dan Q.S an-Nur:31
tentang busana muslim dan muslimah
|
C. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu:
1.
Membaca Q.S al-Ahzab:59 dan Q.S
an-Nur:31 tentang busana muslim dan muslimah
2.
Menjelaskan makna isi Q.S
al-Ahzab:59 dan Q.S an-Nur:31 tentang busana muslim dan muslimah
3.
Menampilkan contoh perilaku
berdasarkan Q.S al-Ahzab:59 dan Q.S an-Nur:31 tentang busana muslim dan
muslimah
D. Materi Pembelajaran
1.
Aurat berarti malu,aib dan buruk.
2.
Secara etimologi, jilbab adalah
sebuah pakaian yang longgaruntuk menutup seluruh tubuh perempuan kecuali muka
dan kedua telapak tangan. Dalam bahasa arab, jilbab dikenal dengan istilah
khimar, dan bahasa inggris, jilbab dikenal dengan istilah veil. Perintah
menutup aurat bagi kaum perempuan pertama kali diperintahkan kepada istri-istri
Nabi Muhammad sawagar tidak berbuat seperti kebanyakan perempuan dimasa
itu.(Q.S Al-Ahzab: 32-33)
E. Metode Pembelajaran
1.
Reading guide dengan The Power of Two
2.
Cooperative learning / Coure Review Horay
3.
Media, Alat, dan
Sumber Pembelajaran:
1.
Media :
Teks bacaan dalam Software
quranflash_tajweed dan Quran-in-
word-1.3. File Video
2.
Alat :
Laptop, LCD projektor
3.
Sumber Belajar :Buku PAI, Tafsir al-Qur’an, dan
sumber lain yang menunjang (internet dan buku).
4.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
a. Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
Dalam
Kegiatan Pendahuluan, Guru :
1)
membuka proses pembelajaran dengan memberi salam dan berdo’a,
2)
mengelola kelas (mengecek kesiapan, absensi, tempat duduk, dan
perlengkapan lainnya),
3)
mengajak peserta didik untuk tadarus antara 5-10 menit
(membaca/hafalan al-Qur’an atau surah pendek pilihan),
4)
menyampaikan penjelasan tentang tujuan pembelajaran yang akan
dicapai,
5)
memberikan penjelasan tentang tahapan kegiatan pembelajaran yang
meliputi mengamati, menanya, eksperimen/eksplorasi, menyimpulkan, serta mengomunikasikan.
6)
melakukan appersepsi (sejauh mana peserta didik memahami
hubungan pelajaran yang lalu dan atau konsep yang dimiliki dengan materi yang
akan diajarkan),
7)
melaksanakan tes awal (pretest) untuk mengetahui pemahaman
peserta didik terhadap materi yang akan diajarkan.
8)
memberi
motivasi peserta didik
b.
Kegiatan Inti (105 menit)
1.
Mengamati
a. Mencermati bacaan teks tentangmakna dan contoh berbusana
muslim dan muslimah merupakan cermin kepribadian dan keindahan diri
b. Meyimak penjelasan materi di atas melalui tayangan
vidio atau media lainnya.
2.
Menanya
(memberi
stimulus agar peserta didik bertanya)
a. Mengapa kita
harus berbusana
muslim dan muslimah?
b. Apa yang harus dilakukan oleh orang yang berpakaian muslim dan
muslimah?
3.
Mengumpulkan
data/eksplorasi
a. Peserta didik mendiskusikan berbusana
muslim dan muslimah merupakan cermin kepribadian dan keindahan diri
b. Guru mengamati perilaku seseorang yang berbusana muslim dan muslimah
c. Guru berkolaborasi dengan orang tua untuk mengamati perilaku berbusana muslim dan muslimah di rumah.
4. Mengasosiasi
Membuat kesimpulan tentang makna berbusana
muslim dan muslimah merupakan cermin kepribadian dan keindahan diri
5.
Mengkomunikasikan
Mempresentasikan /menyampaikan hasil diskusi
tentang berbusana
muslim dan muslimah merupakan cermin kepribadian dan keindahan diri
c.
Penutup
1.
Melaksanakan
refleksi dan kesimpulan sebagaimana yang terdapat dalam buku teks peserta didik
pada kolom rangkuman, serta mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didik
dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan
langkah selanjutnya, dalam menerapkan perilaku perjuangan dakwah Rasulullah saw
di mekah, baik di rumah, di sekolah dan maupun di masyarakat
2.
Guru
dan peserta didik menyimpulkan intisari dari pelajaran tersebut.
3.
Merencanakan
kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik secara individu maupun
kelompok, bagi peserta didik yang belum menguasai pembelajaran dakwah
Rasulullah saw di mekah, melakukan remedial, atau pengembangan materi bagi
peserta didik yang lebih berkembang secara kreatif, inovatif dan produktif
4.
Menyampaikan
tema dan rencana pembelajaran pada peremuan berikutnya
F.
Penilaian
Rubrik penilaian:
1.Kejelasan dan kedalaman
informasi
• Jika kelompok tersebut dapat memberikan
kejelasan dan kedalaman
informasi dengan sangat
baik, skor 100.
• Jika kelompok tersebut dapat memberikan
kejelasan dan kedalaman
informasi dengan baik, skor
75.
• Jika kelompok tersebut dapat memberikan
kejelasan dan kedalaman
informasi dengan cukup
baik, skor 50.
• Jika kelompok tersebut dapat memberikan
kejelasan dan kedalaman
informasi dengan kurang
baik, skor 25.
2.Kemampuan bertanya,
menjawab dan menanggapi dalam diskusi
• Jika kelompok tersebut berperan sangat aktif dalam diskusi, skor 100.
• Jika kelompok tersebut berperan aktif dalam diskusi, skor 75.
• Jika kelompok tersebut cukup aktif dalam
diskusi, skor 50.
• Jika kelompok tersebut kurang aktif dalam
diskusi, skor 25.
3.Kejelasan dan kerapian
presentasi
•
Jikakelompoktersebutdapatmempresentasikansangatjelasdanrapi,skor
100.
• Jika kelompok tersebut dapat mempresentasikan
jelas dan rapi, skor 75.
•
Jikakelompoktersebutdapatmempresentasikankurangjelasdan kurang
rapi, skor 50.
•
Jikakelompoktersebutdapatmempresentasikantidakjelasdantidakrapi,
skor 25.
jumlah nilai yang diperoleh
peserta didik

300
D.Tugas
Kelompok
Dalam kegiatan
tugas/kerja kelompok hal-hal yang dilakukan guru adalah:
a. Membuat kelompok sesuai dengan jumlah peserta didik
di dalam kelasnya maksimal 5 orang dalam satu kelompok.
b. Masing-masing kelompok mengerjakan tugas sesuai
dengan perintah yang ada di dalam buku peserta didik, guru melakukan mentoring.
c.
Masing-masingkelompokmempresentasikanhasilkerjanyadankelompok
lainnyamemberikantanggapan,gurumelakukanpengamatandanpenilaian (sangat baik,
baik, cukup baik, atau kurang baik).
d. Gurumemberikankomentarataupenguatanterhadapmateriyang
didiskusikan oleh peserta didik.
Lumajang, 1 Juli 2014
Kepala
Sekolah,
Guru Mata
Pelajaran,
ijin download.. semoga bermanfaat
ReplyDelete