Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( R P P )
Matapelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Pokok bahasan
:Q.S. Ali Imran (3) : 190-191 dan 159, serta hadits
terkait
tentang sikap
kritis dan demokratis
Kelas/Semester : XII/ Ganjil
Alokasi Waktu : 3x 3 Jam Pelajaran
A.
Kompetensi Inti (KI)
KI 1:
|
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
|
KI 2:
|
Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong
royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
|
KI3:
|
Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah.
|
KI 4:
|
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan
dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan.
|
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi:
2.3.Menunjukkan
sikap kritis dan demokratis sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Ali Imran
(3) : 190-191 dan 159, serta hadits terkait.
Indikator
:
2.3.1. Menunjukkan perilaku kritis dan demokratis sebagai implementasi dari
pemahaman Q.S. Ali Imran (3) : 190-191
2.3.2. Menunjukkan perilaku kritis dan demokratis sebagai implementasi dari
pemahaman Q.S.
Ali Imran (3) :159, serta hadits terkait dalam kehidupan
sehari-hari
3.1.Menganalisis Q.S. Ali Imran (3) : 190-191 dan 159, serta hadits terkait tentang sikap kritis dan demokratis
Indikator
:
3.1.1.
Mengidentfikasi tajwid
Q.S. Ali Imran (3) : 190
3.1.2.
Menjelaskan arti Q.S. Ali
Imran (3) : 190
3.1.3.
Menjelaskan isi kandungan Q.S. Ali
Imran (3) : 190
3.1.4. Menjelaskan asbabun nuzul
Q.S.
Ali Imran (3) : 190
3.1.5. Mengidentfikasi
tajwid Q.S. Ali Imran (3) : 191
3.1.6. Menjelaskan
artiQ.S.
Ali Imran (3) : 191
3.1.7. Menjelaskan
isi kandungan Q.S. Ali Imran (3) : 191
3.1.8. Menjelaskan asbabun nuzul
Q.S.
Ali Imran (3) : 191
3.1.9. Mengidentfikasi
tajwid Q.S. Ali Imran (3) : 159
3.1.10. Menjelaskan
artiQ.S.
Ali Imran (3) : 159
3.1.11. Menjelaskan
isi kandungan Q.S. Ali Imran (3) : 159
3.1.12. Menjelaskan asbabun nuzul
Q.S.
Ali Imran (3) : 159
3.1.13. Menyebutkan
Hadis
tentang sikap
kritis
3.1.14. Menyebutkan hadis tentang demokrati
4.1.1. Membaca Q.S. Ali Imran
(3) : 190-191 dan 159sesuai dengan kaidah tajwid dan makhrajul huruf
Indokator
:
4.1.1.1 Mendemonstrasikan bacaan Q.S. Ali Imran (3) : 190
4.1.1.2 Menulis Q.S. Ali Imran (3)
: 190
4.1.1.3 Mendemonstrasikan bacaan Q.S. Ali Imran (3) : 191
4.1.1.4 Menulis Q.S. Ali Imran (3)
: 191
4.1.1.5 Mendemonstrasikan bacaan Q.S. Ali Imran (3) : 159
4.1.1.6 Menulis
Q.S. Ali Imran (3)
: 159
4.1.2. Mendemonstrasikan hafalan
Q.S.
Ali Imran (3) : 190-191 dan 159, dengan lancar
Indikator :
4.1.2.1.
Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Ali Imran (3) : 190
4.1.2.2.
Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Ali Imran (3) : 191
4.1.2.3.
Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Ali Imran (3) : 159
C.
Materi Pembelajaran
1.
Q.S. Ali Imran (3) : 190
الَّذِينَ
يَذْكُرُونَ اللَّهَ قِيَامًا وَقُعُودًا وَعَلَى جُنُوبِهِمْ وَيَتَفَكَّرُونَ فِي
خَلْقِ السَّمَاوَاتِ وَالأرْضِ رَبَّنَا مَا خَلَقْتَ هَذَا بَاطِلا سُبْحَانَكَ
فَقِنَا عَذَابَ النَّارِ
Artinya : “(yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau
duduk atau dalam keadaan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit
dan bumi (seraya berkata): "Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini
dengan sia-sia. Maha Suci Engkau, maka
peliharalah kami dari siksa neraka”.
2.
Q.S. Ali Imran (3) :191 dan 159,
serta hadits terkait
ا
إِنَّكَ مَنْ تُدْخِلِ النَّارَ فَقَدْ أَخْزَيْتَهُ وَمَا لِلظَّالِمِينَ مِنْ
أَنْصَار
Artinya : “Ya Tuhan kami,
sesungguhnya barang siapa yang Engkau masukkan ke dalam neraka, maka sungguh
telah Engkau hinakan ia, dan tidak ada bagi orang-orang yang lalim seorang
penolongpun”.
3.
Q.S. Ali Imran (3) : 159
فَبِمَا
رَحْمَةٍ مِنَ اللَّهِ لِنْتَ لَهُمْ وَلَوْ كُنْتَ فَظًّا غَلِيظَ الْقَلْبِ
لانْفَضُّوا مِنْ حَوْلِكَ فَاعْفُ عَنْهُمْ وَاسْتَغْفِرْ لَهُمْ وَشَاوِرْهُمْ
فِي الأمْرِ فَإِذَا عَزَمْتَ فَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ
الْمُتَوَكِّلِينَ
Artinya : “Maka disebabkan rahmat dari Allah-lah kamu berlaku
lemah-lembut terhadap mereka. Sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar,
tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu. Karena itu maafkanlah
mereka, mohonkanlah ampun bagi mereka, dan bermusyawarahlah dengan mereka dalam
urusan itu. Kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, maka bertawakallah
kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakal
kepada-Nya.”
D.
Kegiatan Pembelajaran:
Pertemuan 1
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
|
Pendahuluan:
ü Guru membuka proses pembelajaran dengan memberi salam dan
berdo’a,
ü Guru mengelola kelas (mengecek kesiapan, absensi, tempat duduk,
dan perlengkapan lainnya),
ü Guru mengajak peserta didik untuk tadarus antara 5-10 menit (membaca/hafalan
al-Qur’an atau surah pendek pilihan),
ü Guru menyampaikan penjelasan tentang tujuan pembelajaran yang
akan dicapai,
ü Guru memberikan penjelasan tentang tahapan kegiatan pembelajaran
yang meliputi mengamati, menanya, eksperimen/eksplorasi,
menyimpulkan, serta mengomunikasikan.
ü Guru melakukan appersepsi (sejauh mana peserta didik
memahami hubungan pelajaran yang lalu dan atau konsep yang dimiliki dengan
materi yang akan diajarkan),
ü Guru melaksanakan tes awal (pretest) untuk mengetahui
pemahaman peserta didik terhadap materi yang akan diajarkan.
ü Guru
memberi motivasi peserta didik
|
15
|
2.
|
Kegiatan Inti
-
Guru membagi siswa kedalam 6 kelompok, masing-masing
kelompok terdiri dari 5 atau 6 orang
siswa dengan cara menghitung dari
angka 1 – 6, kemudian di ulangi lagi sampai siswa habis
-
Kemudian siswa bergabung dengan kelompoknya
masing-masing berdasarkan angka yang sama
-
Guru meminta salah satu siswa membaca bacaan Qs. Ali
Imran ayat : 190, 191 dan 159, siswa yang lain mendengar bacaan
-
Guru memberikan stimulus kepada siswa untuk menanyakan
pertanyaan yang berkaitan dengan bacaan
-
Guru meminta siswa untuk mendiskusikan tajwid Q.S. Ali
Imran (3) : 190-191 dan 159
-
Siswa merangkum hasil
diskusi dan menulisnya dalam Lembar kerja yang sudah di bagikan
-
Masing-masing kelompok
secara bergantian menjelaskan tajwid yang sudah di bahas dan membaca ayatnya
sesuai dengan tajwid yang sdh dibahas
-
Kelompok yang lain diminta
untuk menanggapi atau memberikan saran
|
105
|
3.
|
Penutup
ü Membuat kesimpulan dan melaksanakan refleksi serta
penguatan terhadap hasil diskusi, sebagai bahan masukan untuk perbaikan
langkah selanjutnya;
ü Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan
memberikan tugas baik cara individu maupun kelompok bagi peserta didik yang
menguasai materi;
ü Guru menyampaikan rencana pembelajaran
pada pertemuan berikutnya.
|
15
|
Pertemuan 2
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
|
Pendahuluan:
ü Guru membuka proses pembelajaran dengan memberi salam dan
berdo’a,
ü Guru mengelola kelas (mengecek kesiapan, absensi, tempat duduk,
dan perlengkapan lainnya),
ü Guru mengajak peserta didik untuk tadarus antara 5-10 menit
(membaca/hafalan al-Qur’an atau surah pendek pilihan),
ü Guru menyampaikan penjelasan tentang tujuan pembelajaran yang
akan dicapai,
ü Guru memberikan penjelasan tentang tahapan kegiatan pembelajaran
yang meliputi mengamati, menanya, eksperimen/eksplorasi,
menyimpulkan, serta mengomunikasikan.
ü Guru melakukan appersepsi (sejauh mana peserta didik
memahami hubungan pelajaran yang lalu dan atau konsep yang dimiliki dengan
materi yang akan diajarkan),
ü Guru melaksanakan tes awal (pretest) untuk mengetahui
pemahaman peserta didik terhadap materi yang akan diajarkan.
ü Guru
memberi motivasi peserta didik
|
15
|
2.
|
Kegiatan Inti
-
Guru menggunakan metode MAKE A MATCH (mencari pasangan)
-
Guru menjelaskan tahapan pembelajaran dengan
menggunakan metode make a match
-
Guru meminta salah satu siswa membaca bacaan Qs. Ali
Imran ayat : 190, 191 dan 159, siswa yang lain mendengar bacaan
-
Guru memberikan stimulus kepada siswa untuk menanyakan
pertanyaan yang berkaitan dengan bacaan
-
Guru menyiapkan beberapa kartu yang berisi
potongan-potongan ayat Qs. Ali Imran : 190, 191 dan 159 dan kartu yang berisi
arti dari potongan ayat tersebut
-
Setiap siswa mendapat sebuah kartu yang bertuliskan
potongan ayat/artinya
-
Masing-masing siswa memikirkan jawaban dari kartu yang
dipegangnya
-
Siswa mencari pasangan kartunya yang sesuai dengan arti
potongan ayat
-
Siswa yang dapat mencocokkan kartunya sebelum batas
waktu di berikan poin
-
Kemudian siswa berkumpul dengan pasangan yang sesuai
menurut ayat membentuk kelompok
-
Masing-masing kelompok menyusun potongan-potongan ayat
dan arti sesuai dengan susunan dalam Al quran
-
Setiap kelompok membaca ayat dan artinya yang sudah
disusun sesuai dengan susunan dalam Al Quran sementara kelompok yang lain
memperhatikan dan memberikan tanggapan
-
Guru meminta setiap kelompok untuk membuat kesimpulan
dari isi kandungan ayat Qs. Ali Imran :190, 191 dan 159
-
Guru memberikan penguatan terhadap hasil diskusi
|
105
|
3.
|
Penutup
ü Membuat kesimpulan dan melaksanakan refleksi serta
penguatan terhadap hasil diskusi, sebagai bahan masukan untuk perbaikan
langkah selanjutnya;
ü Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan
memberikan tugas baik cara individu maupun kelompok bagi peserta didik yang
menguasai materi;
ü Guru menyampaikan rencana pembelajaran
pada pertemuan berikutnya.
|
15
|
Pertemuan 3
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
|
Pendahuluan:
ü Guru membuka proses pembelajaran dengan memberi salam dan
berdo’a,
ü Guru mengelola kelas (mengecek kesiapan, absensi, tempat duduk,
dan perlengkapan lainnya),
ü Guru mengajak peserta didik untuk tadarus antara 5-10 menit
(membaca/hafalan al-Qur’an atau surah pendek pilihan),
ü Guru menyampaikan penjelasan tentang tujuan pembelajaran yang
akan dicapai,
ü Guru memberikan penjelasan tentang tahapan kegiatan pembelajaran
yang meliputi mengamati, menanya, eksperimen/eksplorasi,
menyimpulkan, serta mengomunikasikan.
ü Guru melakukan appersepsi (sejauh mana peserta didik
memahami hubungan pelajaran yang lalu dan atau konsep yang dimiliki dengan
materi yang akan diajarkan),
ü Guru melaksanakan tes awal (pretest) untuk mengetahui
pemahaman peserta didik terhadap materi yang akan diajarkan.
ü Guru
memberi motivasi peserta didik
|
15
|
2.
|
Kegiatan Inti
-
Menggunakan Metode Sort Card
-
Guru membagi siswa kedalam 6 kelompok secara heterogen
-
Masing-masing kelompok diminta untuk membaca Qs. Ali
Imran : 190, 191 dan 159 secara berulang sampai semua anggota kelompok habis
membacanya
-
Semua kelompokdiberikan kartu-kartu yang berisi
potongan ayat Qs. Ali Imran : 190, 191 dan 159
-
Siswa diminta menyusunnya dengan susunan yang
benar sesuai dengan susunan dalam Al
Quran dan menempelnya di kertas plano
-
Setiap kelompok menempel kertas plano di dinding atau
papan tulis
-
Setiap kelompok diminta untuk menilai hasil kerja
kelompok lain secara bergantian (kelompok 1 menilai kelompok 2, kelompok 2
menilai kelompok 3 dan seterusnya)
-
Yang menilai memberi conteng benar kalau susunannya
benar dan menconteng salah jika susunannya salah)
-
Masing-masing kelompok membaca hasil kerjanya yang
sudah di nilai oleh kelompok lain
-
Guru memberi penguatan dengan membaca Qs. Ali Imran :
190, 191 dan 159 dengan bacaan yang benar
|
105
|
3.
|
Penutup
ü Membuat
kesimpulan dan melaksanakan refleksi serta penguatan terhadap hasil hafalan,
sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya;
ü Merencanakan
kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik cara individu maupun
kelompok bagi peserta didik yang menguasai materi;
ü Guru
menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
|
15
|
E.
Penilaian
1.
Sikap (observasi, penilaian diri, penilaian antar teman, dan
jurnal)
a. Observasi
Materi: Q.S. Ali Imran (3) : 190-191 dan 159serta hadits terkait
Kelas : XII (Dua belas)
No.
|
Nama
|
SIKAP
|
Rata-rata
|
Predikat
|
Keterangan
|
||||||
Taat
|
Kompetitif
|
Kepedulian
|
Kreatif
|
Kerja keras
|
Kerjasama
|
||||||
|
|||||||||||
Petunjuk
Penskoran :
Skala penilaian sikap dibuat
dengan rentang antara 1 s.d 5
1 = sangat kurang
2 = kurang konsisten;
3
= mulai konsisten;
4 = konsisten; dan
5 = selalu konsisten
No
|
Sikap yang diamati
|
Melakukan
|
|
Ya
|
Tidak
|
||
1
|
Masuk kelas tepat waktu
|
|
|
2
|
Mengumpulkan tugas tepat
waktu
|
|
|
3
|
Memakai seragam sesuai tata
tertib
|
|
|
4
|
Mengerjakan tugas yang
diberikan
|
|
|
5
|
Tertib dalam mengikuti
pembelajaran
|
|
|
6
|
Mengikuti kegiatan praktik/ penilaian proyek dengan
langkah yang ditetapkan
|
|
|
7
|
Membawa buku tulis sesuai
mata pelajaran
|
|
|
8
|
Membawa buku teks mata
pelajaran
|
|
|
Jumlah
|
|
|
Petunjuk
Penskoran :
Jawaban YA diberi skor 2, dan jawaban TIDAK diberi
skor 1
b.
Jurnal
Nama
Peserta Didik : ………………….
Materi: Q.S. Ali Imran (3) : 190-191 dan 159serta hadits terkait
Kelas :
XII (dua belas)
No
|
Waktu
|
Kejadian / Perilaku
|
+ / -
|
Tindak Lanjut
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
Pengetahuan (Tes Tulis, lisan, dan Penugasan)
a.
Tes tulis/lisan
Materi: Q.S. Ali Imran (3) : 190-191 dan 159serta hadits terkait
Kelas
: XII (dua belas)
Nama Siswa : .....................
No.
|
Indikator
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Instrumen
Penilaian
|
1.
|
Tentukan tajwid yang terdapat pada Q.S. Ali
Imran (3) : 190-191 dan 159
|
Tes lisan
|
Penugasan
|
Tentukan tajwid yang terdapat pada Q.S. Ali
Imran (3) : 190-191 dan 159
|
2.
|
Siswa
mampu menjelaskanarti Q.S. Ali
Imran (3) : 190-191 dan 159
|
Tes tertulis
|
Soal
Uraian
|
Terjemahkan Q.S. Ali Imran (3) : 190-191 dan 159
|
3.
|
Siswa
mampu melaskan asbunnuzulQ.S. Ali Imran (3) : 190-191 dan 159
|
Tes tertulis
|
Soal
Uraian
|
Jelaskan asbunnuzulQ.S. Ali Imran (3) : 190-191 dan 159
|
4.
|
Siswa
mampu menjelaskan isi kandungan Q.S. Ali Imran (3) : 190-191 dan 159
|
Tes tertulis
|
Soal
Uraian
|
Jelaskan isi kandungan Q.S. Ali
Imran (3) : 190-191 dan 159
|
5
|
Siswa
mampu menyebutkan pesan-pesan yang terkandung pada Q.S. Ali
Imran (3) : 190-191 dan 159
|
Tes tertulis
|
Soal
Uraian
|
Sebutkan pesan-pesan yang terkandung pada Q.S. Ali
Imran (3) : 190-191 dan 159
|
Petunjuk
Penskoran :
Jawaban
diberi skor 1-5 (sesuai dengan tingkatan jawaban).
Petunjuk
Penskoran :
Jawaban
diberi skor 1-5 (sesuai dengan tingkatan jawaban).
-
Menjawab lengkap :
5
-
Menjawab kurang lengkap : 4
-
Menjawab setengah :
3
-
Menjawab kurang tepat : 2
-
Menjawab tapi tidak benar : 1
-
Tidak menjawab :
0
3.
Ketrampilan (Praktik dan Portofolio, dan Penilaian
Proyek)
a.
Praktik
Materi: Q.S. Ali Imran (3) : 190-191 dan 159serta hadits terkait
Kelas : XII
(dua belas)
No
|
Nama Siswa
|
Aspek yang dinilai
|
Nilai
|
Predikat
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
…
|
Dst
|
|
|
|
|
|
|
|
Aspek yang dinilai:
1. Belum
bisa
2. Terbata-bata
3. Sedang
4. Lancar
5. Sangat lancar
|
F.
Media, Alat, dan Sumber Belajar:
1.
Media : Teks bacaan Q.S. Ali
Imran (3) : 190-191 dan 159
2.
Alat :
LCD projektor
3.
Sumber Belajar :Buku PAI dan Budi Pekerti Kelas XII SMA kur 2013
Kemdikbud, Tafsir al-Qur’an, Kitab hadis sahih
Muslim, dan sumber lain yang menunjang.
Mengetahui :
Kepala SMK N Lhokseumawe
x
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( R P P )
Matapelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Pokok bahasan
:Q.S. Ali Imran (3) : 190-191 dan 159, serta hadits
terkait
tentang sikap
kritis dan demokratis
Kelas/Semester : XII/ Ganjil
Alokasi Waktu : 3x 3 Jam Pelajaran
A.
Kompetensi Inti (KI)
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi:
2.3.Menunjukkan
sikap kritis dan demokratis sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Ali Imran
(3) : 190-191 dan 159, serta hadits terkait.
Indikator
:
2.3.1. Menunjukkan perilaku kritis dan demokratis sebagai implementasi dari
pemahaman Q.S. Ali Imran (3) : 190-191
2.3.2. Menunjukkan perilaku kritis dan demokratis sebagai implementasi dari
pemahaman Q.S.
Ali Imran (3) :159, serta hadits terkait dalam kehidupan
sehari-hari
3.1.Menganalisis Q.S. Ali Imran (3) : 190-191 dan 159, serta hadits terkait tentang sikap kritis dan demokratis
Indikator
:
3.1.1.
Mengidentfikasi tajwid
Q.S. Ali Imran (3) : 190
3.1.2.
Menjelaskan arti Q.S. Ali
Imran (3) : 190
3.1.3.
Menjelaskan isi kandungan Q.S. Ali
Imran (3) : 190
3.1.4. Menjelaskan asbabun nuzul
Q.S.
Ali Imran (3) : 190
3.1.5. Mengidentfikasi
tajwid Q.S. Ali Imran (3) : 191
3.1.6. Menjelaskan
artiQ.S.
Ali Imran (3) : 191
3.1.7. Menjelaskan
isi kandungan Q.S. Ali Imran (3) : 191
3.1.8. Menjelaskan asbabun nuzul
Q.S.
Ali Imran (3) : 191
3.1.9. Mengidentfikasi
tajwid Q.S. Ali Imran (3) : 159
3.1.10. Menjelaskan
artiQ.S.
Ali Imran (3) : 159
3.1.11. Menjelaskan
isi kandungan Q.S. Ali Imran (3) : 159
3.1.12. Menjelaskan asbabun nuzul
Q.S.
Ali Imran (3) : 159
3.1.13. Menyebutkan
Hadis
tentang sikap
kritis
3.1.14. Menyebutkan hadis tentang demokrati
4.1.1. Membaca Q.S. Ali Imran
(3) : 190-191 dan 159sesuai dengan kaidah tajwid dan makhrajul huruf
Indokator
:
4.1.1.1 Mendemonstrasikan bacaan Q.S. Ali Imran (3) : 190
4.1.1.2 Menulis Q.S. Ali Imran (3)
: 190
4.1.1.3 Mendemonstrasikan bacaan Q.S. Ali Imran (3) : 191
4.1.1.4 Menulis Q.S. Ali Imran (3)
: 191
4.1.1.5 Mendemonstrasikan bacaan Q.S. Ali Imran (3) : 159
4.1.1.6 Menulis
Q.S. Ali Imran (3)
: 159
4.1.2. Mendemonstrasikan hafalan
Q.S.
Ali Imran (3) : 190-191 dan 159, dengan lancar
Indikator :
4.1.2.1.
Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Ali Imran (3) : 190
4.1.2.2.
Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Ali Imran (3) : 191
4.1.2.3.
Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Ali Imran (3) : 159
C.
Materi Pembelajaran
1.
Q.S. Ali Imran (3) : 190
الَّذِينَ
يَذْكُرُونَ اللَّهَ قِيَامًا وَقُعُودًا وَعَلَى جُنُوبِهِمْ وَيَتَفَكَّرُونَ فِي
خَلْقِ السَّمَاوَاتِ وَالأرْضِ رَبَّنَا مَا خَلَقْتَ هَذَا بَاطِلا سُبْحَانَكَ
فَقِنَا عَذَابَ النَّارِ
Artinya : “(yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau
duduk atau dalam keadaan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit
dan bumi (seraya berkata): "Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini
dengan sia-sia. Maha Suci Engkau, maka
peliharalah kami dari siksa neraka”.
2.
Q.S. Ali Imran (3) :191 dan 159,
serta hadits terkait
ا
إِنَّكَ مَنْ تُدْخِلِ النَّارَ فَقَدْ أَخْزَيْتَهُ وَمَا لِلظَّالِمِينَ مِنْ
أَنْصَار
Artinya : “Ya Tuhan kami,
sesungguhnya barang siapa yang Engkau masukkan ke dalam neraka, maka sungguh
telah Engkau hinakan ia, dan tidak ada bagi orang-orang yang lalim seorang
penolongpun”.
3.
Q.S. Ali Imran (3) : 159
فَبِمَا
رَحْمَةٍ مِنَ اللَّهِ لِنْتَ لَهُمْ وَلَوْ كُنْتَ فَظًّا غَلِيظَ الْقَلْبِ
لانْفَضُّوا مِنْ حَوْلِكَ فَاعْفُ عَنْهُمْ وَاسْتَغْفِرْ لَهُمْ وَشَاوِرْهُمْ
فِي الأمْرِ فَإِذَا عَزَمْتَ فَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ
الْمُتَوَكِّلِينَ
Artinya : “Maka disebabkan rahmat dari Allah-lah kamu berlaku
lemah-lembut terhadap mereka. Sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar,
tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu. Karena itu maafkanlah
mereka, mohonkanlah ampun bagi mereka, dan bermusyawarahlah dengan mereka dalam
urusan itu. Kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, maka bertawakallah
kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakal
kepada-Nya.”
D.
Kegiatan Pembelajaran:
Pertemuan 1
Pertemuan 2
Pertemuan 3
E.
Penilaian
1.
Sikap (observasi, penilaian diri, penilaian antar teman, dan
jurnal)
a. Observasi
Materi: Q.S. Ali Imran (3) : 190-191 dan 159serta hadits terkait
Kelas : XII (Dua belas)
Petunjuk
Penskoran :
Skala penilaian sikap dibuat
dengan rentang antara 1 s.d 5
1 = sangat kurang
2 = kurang konsisten;
3
= mulai konsisten;
4 = konsisten; dan
5 = selalu konsisten
Petunjuk
Penskoran :
Jawaban YA diberi skor 2, dan jawaban TIDAK diberi
skor 1
b.
Jurnal
Nama
Peserta Didik : ………………….
Materi: Q.S. Ali Imran (3) : 190-191 dan 159serta hadits terkait
Kelas :
XII (dua belas)
2.
Pengetahuan (Tes Tulis, lisan, dan Penugasan)
a.
Tes tulis/lisan
Materi: Q.S. Ali Imran (3) : 190-191 dan 159serta hadits terkait
Kelas
: XII (dua belas)
Nama Siswa : .....................
Petunjuk
Penskoran :
Jawaban
diberi skor 1-5 (sesuai dengan tingkatan jawaban).
Petunjuk
Penskoran :
Jawaban
diberi skor 1-5 (sesuai dengan tingkatan jawaban).
-
Menjawab lengkap :
5
-
Menjawab kurang lengkap : 4
-
Menjawab setengah :
3
-
Menjawab kurang tepat : 2
-
Menjawab tapi tidak benar : 1
-
Tidak menjawab :
0
3.
Ketrampilan (Praktik dan Portofolio, dan Penilaian
Proyek)
a.
Praktik
Materi: Q.S. Ali Imran (3) : 190-191 dan 159serta hadits terkait
Kelas : XII
(dua belas)
F.
Media, Alat, dan Sumber Belajar:
1.
Media : Teks bacaan Q.S. Ali
Imran (3) : 190-191 dan 159
2.
Alat :
LCD projektor
3.
Sumber Belajar :Buku PAI dan Budi Pekerti Kelas XII SMA kur 2013
Kemdikbud, Tafsir al-Qur’an, Kitab hadis sahih
Muslim, dan sumber lain yang menunjang.
|
|
Lhokseumawe, Juli 2015
Guru Bidang Studi
x
|
No comments:
Post a Comment