Wednesday, February 7, 2018

RPP K 13 Kelas XII Q.S. Ali Imran (3) : 190-191 dan 159, serta hadits terkait tentang sikap kritis dan demokratis

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( R P P )

Nama Sekolah            : SMK N  Lhokseumawe
Matapelajaran             : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Pokok bahasan              :Q.S. Ali Imran (3) : 190-191 dan 159, serta hadits terkait tentang sikap kritis dan demokratis
Kelas/Semester           : XII/ Ganjil
Alokasi Waktu           : 3x 3 Jam Pelajaran

A.      Kompetensi Inti (KI)
KI 1:
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2:
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI3:
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4:
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi:
2.3.Menunjukkan sikap kritis dan demokratis sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Ali Imran (3) : 190-191 dan 159, serta hadits terkait.

       Indikator :
2.3.1. Menunjukkan perilaku kritis dan demokratis sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Ali Imran (3) : 190-191
2.3.2. Menunjukkan perilaku kritis dan demokratis sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Ali Imran (3) :159, serta hadits terkait dalam kehidupan sehari-hari

3.1.Menganalisis  Q.S. Ali Imran (3) : 190-191 dan 159, serta hadits terkait tentang sikap kritis dan demokratis
       Indikator :
3.1.1.      Mengidentfikasi tajwid  Q.S. Ali Imran (3) : 190
3.1.2.      Menjelaskan arti Q.S. Ali Imran (3) : 190
3.1.3.      Menjelaskan isi kandungan Q.S. Ali Imran (3) : 190
3.1.4.      Menjelaskan asbabun nuzul Q.S. Ali Imran (3) : 190
3.1.5.      Mengidentfikasi tajwid  Q.S. Ali Imran (3) : 191
3.1.6.      Menjelaskan artiQ.S. Ali Imran (3) : 191
3.1.7.      Menjelaskan isi kandungan Q.S. Ali Imran (3) : 191
3.1.8.      Menjelaskan asbabun nuzul Q.S. Ali Imran (3) : 191
3.1.9.      Mengidentfikasi tajwid  Q.S. Ali Imran (3) : 159
3.1.10.  Menjelaskan artiQ.S. Ali Imran (3) : 159
3.1.11.  Menjelaskan isi kandungan Q.S. Ali Imran (3) : 159
3.1.12.  Menjelaskan asbabun nuzul Q.S. Ali Imran (3) : 159
3.1.13.  Menyebutkan Hadis tentang sikap kritis
3.1.14.  Menyebutkan hadis tentang demokrati

4.1.1. Membaca Q.S. Ali Imran (3) : 190-191 dan 159sesuai dengan kaidah tajwid dan makhrajul huruf
          Indokator :
4.1.1.1  Mendemonstrasikan bacaan Q.S. Ali Imran (3) : 190
4.1.1.2  Menulis Q.S. Ali Imran (3) : 190
4.1.1.3  Mendemonstrasikan bacaan Q.S. Ali Imran (3) : 191
4.1.1.4  Menulis Q.S. Ali Imran (3) : 191
4.1.1.5  Mendemonstrasikan bacaan Q.S. Ali Imran (3) : 159
4.1.1.6  Menulis Q.S. Ali Imran (3) : 159

4.1.2. Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Ali Imran (3) : 190-191 dan 159, dengan lancar
                    Indikator :
4.1.2.1. Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Ali Imran (3) : 190
4.1.2.2. Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Ali Imran (3) : 191
4.1.2.3. Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Ali Imran (3) : 159


C.  Materi Pembelajaran

1.          Q.S. Ali Imran (3) : 190
الَّذِينَ يَذْكُرُونَ اللَّهَ قِيَامًا وَقُعُودًا وَعَلَى جُنُوبِهِمْ وَيَتَفَكَّرُونَ فِي خَلْقِ السَّمَاوَاتِ وَالأرْضِ رَبَّنَا مَا خَلَقْتَ هَذَا بَاطِلا سُبْحَانَكَ فَقِنَا عَذَابَ النَّارِ
Artinya : “(yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadaan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): "Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia. Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka”.

2.          Q.S. Ali Imran (3) :191 dan 159, serta hadits terkait
ا إِنَّكَ مَنْ تُدْخِلِ النَّارَ فَقَدْ أَخْزَيْتَهُ وَمَا لِلظَّالِمِينَ مِنْ أَنْصَار
 Artinya : “Ya Tuhan kami, sesungguhnya barang siapa yang Engkau masukkan ke dalam neraka, maka sungguh telah Engkau hinakan ia, dan tidak ada bagi orang-orang yang lalim seorang penolongpun”.

3.         Q.S. Ali Imran (3) : 159
فَبِمَا رَحْمَةٍ مِنَ اللَّهِ لِنْتَ لَهُمْ وَلَوْ كُنْتَ فَظًّا غَلِيظَ الْقَلْبِ لانْفَضُّوا مِنْ حَوْلِكَ فَاعْفُ عَنْهُمْ وَاسْتَغْفِرْ لَهُمْ وَشَاوِرْهُمْ فِي الأمْرِ فَإِذَا عَزَمْتَ فَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ الْمُتَوَكِّلِينَ
Artinya : “Maka disebabkan rahmat dari Allah-lah kamu berlaku lemah-lembut terhadap mereka. Sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu. Karena itu maafkanlah mereka, mohonkanlah ampun bagi mereka, dan bermusyawarahlah dengan mereka dalam urusan itu. Kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, maka bertawakallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakal kepada-Nya.


D.                Kegiatan Pembelajaran:

Pertemuan 1
No.
Kegiatan
Waktu
1.
Pendahuluan:
ü Guru membuka proses pembelajaran dengan memberi salam dan berdo’a,
ü Guru mengelola kelas (mengecek kesiapan, absensi, tempat duduk, dan perlengkapan lainnya),
ü Guru mengajak peserta didik untuk tadarus antara 5-10 menit (membaca/hafalan al-Qur’an atau surah pendek pilihan),
ü Guru menyampaikan penjelasan tentang tujuan pembelajaran yang akan dicapai,
ü Guru memberikan penjelasan tentang tahapan kegiatan pembelajaran yang meliputi mengamati, menanya, eksperimen/eksplorasi, menyimpulkan, serta mengomunikasikan.
ü Guru melakukan appersepsi (sejauh mana peserta didik memahami hubungan pelajaran yang lalu dan atau konsep yang dimiliki dengan materi yang akan diajarkan),
ü Guru melaksanakan tes awal (pretest) untuk mengetahui pemahaman peserta didik terhadap materi yang akan diajarkan.
ü Guru memberi motivasi peserta didik

15
2.
Kegiatan Inti
-       Guru membagi siswa kedalam 6 kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari  5 atau 6 orang siswa dengan cara menghitung  dari angka 1 – 6, kemudian di ulangi lagi sampai siswa habis
-       Kemudian siswa bergabung dengan kelompoknya masing-masing berdasarkan angka yang sama
-       Guru meminta salah satu siswa membaca bacaan Qs. Ali Imran ayat : 190, 191 dan 159, siswa yang lain mendengar bacaan
-       Guru memberikan stimulus kepada siswa untuk menanyakan pertanyaan yang berkaitan dengan bacaan
-       Guru meminta siswa untuk mendiskusikan tajwid Q.S. Ali Imran (3) : 190-191 dan 159
-       Siswa merangkum hasil diskusi dan menulisnya dalam Lembar kerja yang sudah di bagikan
-       Masing-masing kelompok secara bergantian menjelaskan tajwid yang sudah di bahas dan membaca ayatnya sesuai dengan tajwid yang sdh dibahas
-       Kelompok yang lain diminta untuk menanggapi atau memberikan saran

105
3.
Penutup
ü Membuat kesimpulan dan melaksanakan refleksi serta penguatan terhadap hasil diskusi, sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya;
ü Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik cara individu maupun kelompok bagi peserta didik yang menguasai materi;
ü Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada per­temuan berikutnya.

15


Pertemuan 2

No.
Kegiatan
Waktu
1.
Pendahuluan:
ü Guru membuka proses pembelajaran dengan memberi salam dan berdo’a,
ü Guru mengelola kelas (mengecek kesiapan, absensi, tempat duduk, dan perlengkapan lainnya),
ü Guru mengajak peserta didik untuk tadarus antara 5-10 menit (membaca/hafalan al-Qur’an atau surah pendek pilihan),
ü Guru menyampaikan penjelasan tentang tujuan pembelajaran yang akan dicapai,
ü Guru memberikan penjelasan tentang tahapan kegiatan pembelajaran yang meliputi mengamati, menanya, eksperimen/eksplorasi, menyimpulkan, serta mengomunikasikan.
ü Guru melakukan appersepsi (sejauh mana peserta didik memahami hubungan pelajaran yang lalu dan atau konsep yang dimiliki dengan materi yang akan diajarkan),
ü Guru melaksanakan tes awal (pretest) untuk mengetahui pemahaman peserta didik terhadap materi yang akan diajarkan.
ü Guru memberi motivasi peserta didik

15
2.
Kegiatan Inti

-       Guru menggunakan metode MAKE A MATCH (mencari pasangan)
-       Guru menjelaskan tahapan pembelajaran dengan menggunakan metode make a match
-       Guru meminta salah satu siswa membaca bacaan Qs. Ali Imran ayat : 190, 191 dan 159, siswa yang lain mendengar bacaan
-       Guru memberikan stimulus kepada siswa untuk menanyakan pertanyaan yang berkaitan dengan bacaan
-       Guru menyiapkan beberapa kartu yang berisi potongan-potongan ayat Qs. Ali Imran : 190, 191 dan 159 dan kartu yang berisi arti dari potongan ayat tersebut
-       Setiap siswa mendapat sebuah kartu yang bertuliskan potongan ayat/artinya
-       Masing-masing siswa memikirkan jawaban dari kartu yang dipegangnya
-       Siswa mencari pasangan kartunya yang sesuai dengan arti potongan ayat
-       Siswa yang dapat mencocokkan kartunya sebelum batas waktu di berikan poin
-       Kemudian siswa berkumpul dengan pasangan yang sesuai menurut ayat membentuk kelompok
-       Masing-masing kelompok menyusun potongan-potongan ayat dan arti sesuai dengan susunan dalam Al quran
-       Setiap kelompok membaca ayat dan artinya yang sudah disusun sesuai dengan susunan dalam Al Quran sementara kelompok yang lain memperhatikan dan memberikan tanggapan
-       Guru meminta setiap kelompok untuk membuat kesimpulan dari isi kandungan ayat Qs. Ali Imran :190, 191 dan 159
-       Guru memberikan penguatan terhadap hasil diskusi


105
3.
Penutup
ü Membuat kesimpulan dan melaksanakan refleksi serta penguatan terhadap hasil diskusi, sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya;
ü Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik cara individu maupun kelompok bagi peserta didik yang menguasai materi;
ü Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada per­temuan berikutnya.

15



Pertemuan 3

No.
Kegiatan
Waktu
1.
Pendahuluan:
ü Guru membuka proses pembelajaran dengan memberi salam dan berdo’a,
ü Guru mengelola kelas (mengecek kesiapan, absensi, tempat duduk, dan perlengkapan lainnya),
ü Guru mengajak peserta didik untuk tadarus antara 5-10 menit (membaca/hafalan al-Qur’an atau surah pendek pilihan),
ü Guru menyampaikan penjelasan tentang tujuan pembelajaran yang akan dicapai,
ü Guru memberikan penjelasan tentang tahapan kegiatan pembelajaran yang meliputi mengamati, menanya, eksperimen/eksplorasi, menyimpulkan, serta mengomunikasikan.
ü Guru melakukan appersepsi (sejauh mana peserta didik memahami hubungan pelajaran yang lalu dan atau konsep yang dimiliki dengan materi yang akan diajarkan),
ü Guru melaksanakan tes awal (pretest) untuk mengetahui pemahaman peserta didik terhadap materi yang akan diajarkan.
ü Guru memberi motivasi peserta didik

15
2.
Kegiatan Inti
-       Menggunakan Metode Sort Card
-        Guru membagi siswa kedalam 6 kelompok secara heterogen
-        Masing-masing kelompok diminta untuk membaca Qs. Ali Imran : 190, 191 dan 159 secara berulang sampai semua anggota kelompok habis membacanya
-        Semua kelompokdiberikan kartu-kartu yang berisi potongan ayat Qs. Ali Imran : 190, 191 dan 159
-       Siswa diminta menyusunnya dengan susunan yang benar  sesuai dengan susunan dalam Al Quran dan menempelnya di kertas plano
-       Setiap kelompok menempel kertas plano di dinding atau papan tulis
-       Setiap kelompok diminta untuk menilai hasil kerja kelompok lain secara bergantian (kelompok 1 menilai kelompok 2, kelompok 2 menilai kelompok 3 dan seterusnya)
-       Yang menilai memberi conteng benar kalau susunannya benar dan menconteng salah jika susunannya salah)
-       Masing-masing kelompok membaca hasil kerjanya yang sudah di nilai oleh kelompok lain
-       Guru memberi penguatan dengan membaca Qs. Ali Imran : 190, 191 dan 159 dengan bacaan yang benar

105
3.
Penutup
ü Membuat kesimpulan dan melaksanakan refleksi serta penguatan terhadap hasil hafalan, sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya;
ü Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik cara individu maupun kelompok bagi peserta didik yang menguasai materi;
ü Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada per­temuan berikutnya.

15


E.                 Penilaian

1.      Sikap  (observasi, penilaian diri, penilaian antar teman, dan jurnal)

a.     Observasi
Materi: Q.S. Ali Imran (3) : 190-191 dan 159serta hadits terkait

Kelas                    : XII (Dua belas)

No.
Nama
SIKAP
Rata-rata
Predikat
Keterangan
Taat
Kompetitif
Kepedulian
Kreatif
Kerja keras
Kerjasama




Petunjuk Penskoran :

   Skala penilaian sikap dibuat dengan rentang antara 1 s.d 5
1 = sangat kurang
2 = kurang konsisten;
3  = mulai konsisten;
4 = konsisten; dan
5 = selalu konsisten


No
Sikap yang diamati
Melakukan
Ya
Tidak
1
Masuk kelas tepat waktu


2
Mengumpulkan tugas tepat waktu


3
Memakai seragam sesuai tata tertib


4
Mengerjakan tugas yang diberikan


5
Tertib dalam mengikuti pembelajaran


6
Mengikuti kegiatan praktik/ penilaian proyek dengan langkah yang ditetapkan


7
Membawa buku tulis sesuai mata pelajaran


8
Membawa buku teks mata pelajaran


Jumlah


Petunjuk Penskoran :
Jawaban YA diberi skor 2, dan jawaban TIDAK diberi skor 1

b.         Jurnal
Nama Peserta Didik                 : ………………….
Materi: Q.S. Ali Imran (3) : 190-191 dan 159serta hadits terkait
Kelas               : XII (dua belas)

No
Waktu
Kejadian / Perilaku
+ / -
Tindak Lanjut




















































2.      Pengetahuan (Tes Tulis, lisan, dan Penugasan)

a.         Tes tulis/lisan
Materi: Q.S. Ali Imran (3) : 190-191 dan 159serta hadits terkait
Kelas                 : XII (dua belas)
Nama Siswa            : .....................

No.
Indikator
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen Penilaian
1.
Tentukan  tajwid yang terdapat pada Q.S. Ali Imran (3) : 190-191 dan 159

Tes lisan
Penugasan

Tentukan  tajwid yang terdapat pada Q.S. Ali Imran (3) : 190-191 dan 159
2.
Siswa mampu menjelaskanarti Q.S. Ali Imran (3) : 190-191 dan 159
Tes tertulis
Soal Uraian

Terjemahkan Q.S. Ali Imran (3) : 190-191 dan 159
3.
Siswa mampu melaskan asbunnuzulQ.S. Ali Imran (3) : 190-191 dan 159
Tes tertulis
Soal Uraian

Jelaskan asbunnuzulQ.S. Ali Imran (3) : 190-191 dan 159
4.
Siswa mampu menjelaskan isi kandungan Q.S. Ali Imran (3) : 190-191 dan 159
Tes tertulis
Soal Uraian

Jelaskan isi kandungan Q.S. Ali Imran (3) : 190-191 dan 159
5
Siswa mampu menyebutkan pesan-pesan yang terkandung pada Q.S. Ali Imran (3) : 190-191 dan 159
Tes tertulis
Soal Uraian

Sebutkan pesan-pesan yang terkandung pada Q.S. Ali Imran (3) : 190-191 dan 159

Petunjuk Penskoran :
Jawaban diberi skor 1-5 (sesuai dengan tingkatan jawaban).
Petunjuk Penskoran :
Jawaban diberi skor 1-5 (sesuai dengan tingkatan jawaban).
-        Menjawab lengkap                  : 5
-        Menjawab kurang lengkap      : 4
-        Menjawab setengah                : 3
-        Menjawab kurang tepat          : 2
-        Menjawab tapi tidak benar     : 1
-        Tidak menjawab                      : 0











3.      Ketrampilan (Praktik dan Portofolio, dan Penilaian Proyek)
a.         Praktik
Materi: Q.S. Ali Imran (3) : 190-191 dan 159serta hadits terkait
Kelas                    : XII (dua belas)

No
Nama Siswa
Aspek yang dinilai
Nilai
Predikat
1
2
3
4
5
1








2








3








4








Dst








Aspek yang dinilai:
1. Belum bisa
2. Terbata-bata
3. Sedang
4. Lancar
5. Sangat lancar



F.                 Media, Alat, dan Sumber Belajar:
1.         Media                              : Teks bacaan Q.S. Ali Imran (3) : 190-191 dan 159
2.         Alat                                   : LCD projektor
3.         Sumber Belajar                 :Buku PAI dan Budi Pekerti Kelas XII  SMA kur 2013
  Kemdikbud, Tafsir al-Qur’an, Kitab hadis sahih
  Muslim, dan sumber lain yang menunjang.



Mengetahui :
Kepala SMK N  Lhokseumawe



x
 Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( R P P )

Nama Sekolah            : SMK N  Lhokseumawe
Matapelajaran             : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Pokok bahasan              :Q.S. Ali Imran (3) : 190-191 dan 159, serta hadits terkait tentang sikap kritis dan demokratis
Kelas/Semester           : XII/ Ganjil
Alokasi Waktu           : 3x 3 Jam Pelajaran

A.      Kompetensi Inti (KI)
KI 1:
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2:
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI3:
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4:
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi:
2.3.Menunjukkan sikap kritis dan demokratis sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Ali Imran (3) : 190-191 dan 159, serta hadits terkait.

       Indikator :
2.3.1. Menunjukkan perilaku kritis dan demokratis sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Ali Imran (3) : 190-191
2.3.2. Menunjukkan perilaku kritis dan demokratis sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Ali Imran (3) :159, serta hadits terkait dalam kehidupan sehari-hari

3.1.Menganalisis  Q.S. Ali Imran (3) : 190-191 dan 159, serta hadits terkait tentang sikap kritis dan demokratis
       Indikator :
3.1.1.      Mengidentfikasi tajwid  Q.S. Ali Imran (3) : 190
3.1.2.      Menjelaskan arti Q.S. Ali Imran (3) : 190
3.1.3.      Menjelaskan isi kandungan Q.S. Ali Imran (3) : 190
3.1.4.      Menjelaskan asbabun nuzul Q.S. Ali Imran (3) : 190
3.1.5.      Mengidentfikasi tajwid  Q.S. Ali Imran (3) : 191
3.1.6.      Menjelaskan artiQ.S. Ali Imran (3) : 191
3.1.7.      Menjelaskan isi kandungan Q.S. Ali Imran (3) : 191
3.1.8.      Menjelaskan asbabun nuzul Q.S. Ali Imran (3) : 191
3.1.9.      Mengidentfikasi tajwid  Q.S. Ali Imran (3) : 159
3.1.10.  Menjelaskan artiQ.S. Ali Imran (3) : 159
3.1.11.  Menjelaskan isi kandungan Q.S. Ali Imran (3) : 159
3.1.12.  Menjelaskan asbabun nuzul Q.S. Ali Imran (3) : 159
3.1.13.  Menyebutkan Hadis tentang sikap kritis
3.1.14.  Menyebutkan hadis tentang demokrati

4.1.1. Membaca Q.S. Ali Imran (3) : 190-191 dan 159sesuai dengan kaidah tajwid dan makhrajul huruf
          Indokator :
4.1.1.1  Mendemonstrasikan bacaan Q.S. Ali Imran (3) : 190
4.1.1.2  Menulis Q.S. Ali Imran (3) : 190
4.1.1.3  Mendemonstrasikan bacaan Q.S. Ali Imran (3) : 191
4.1.1.4  Menulis Q.S. Ali Imran (3) : 191
4.1.1.5  Mendemonstrasikan bacaan Q.S. Ali Imran (3) : 159
4.1.1.6  Menulis Q.S. Ali Imran (3) : 159

4.1.2. Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Ali Imran (3) : 190-191 dan 159, dengan lancar
                    Indikator :
4.1.2.1. Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Ali Imran (3) : 190
4.1.2.2. Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Ali Imran (3) : 191
4.1.2.3. Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Ali Imran (3) : 159


C.  Materi Pembelajaran

1.          Q.S. Ali Imran (3) : 190
الَّذِينَ يَذْكُرُونَ اللَّهَ قِيَامًا وَقُعُودًا وَعَلَى جُنُوبِهِمْ وَيَتَفَكَّرُونَ فِي خَلْقِ السَّمَاوَاتِ وَالأرْضِ رَبَّنَا مَا خَلَقْتَ هَذَا بَاطِلا سُبْحَانَكَ فَقِنَا عَذَابَ النَّارِ
Artinya : “(yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadaan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): "Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia. Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka”.

2.          Q.S. Ali Imran (3) :191 dan 159, serta hadits terkait
ا إِنَّكَ مَنْ تُدْخِلِ النَّارَ فَقَدْ أَخْزَيْتَهُ وَمَا لِلظَّالِمِينَ مِنْ أَنْصَار
 Artinya : “Ya Tuhan kami, sesungguhnya barang siapa yang Engkau masukkan ke dalam neraka, maka sungguh telah Engkau hinakan ia, dan tidak ada bagi orang-orang yang lalim seorang penolongpun”.

3.         Q.S. Ali Imran (3) : 159
فَبِمَا رَحْمَةٍ مِنَ اللَّهِ لِنْتَ لَهُمْ وَلَوْ كُنْتَ فَظًّا غَلِيظَ الْقَلْبِ لانْفَضُّوا مِنْ حَوْلِكَ فَاعْفُ عَنْهُمْ وَاسْتَغْفِرْ لَهُمْ وَشَاوِرْهُمْ فِي الأمْرِ فَإِذَا عَزَمْتَ فَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ الْمُتَوَكِّلِينَ
Artinya : “Maka disebabkan rahmat dari Allah-lah kamu berlaku lemah-lembut terhadap mereka. Sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu. Karena itu maafkanlah mereka, mohonkanlah ampun bagi mereka, dan bermusyawarahlah dengan mereka dalam urusan itu. Kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, maka bertawakallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakal kepada-Nya.


D.                Kegiatan Pembelajaran:

Pertemuan 1
No.
Kegiatan
Waktu
1.
Pendahuluan:
ü Guru membuka proses pembelajaran dengan memberi salam dan berdo’a,
ü Guru mengelola kelas (mengecek kesiapan, absensi, tempat duduk, dan perlengkapan lainnya),
ü Guru mengajak peserta didik untuk tadarus antara 5-10 menit (membaca/hafalan al-Qur’an atau surah pendek pilihan),
ü Guru menyampaikan penjelasan tentang tujuan pembelajaran yang akan dicapai,
ü Guru memberikan penjelasan tentang tahapan kegiatan pembelajaran yang meliputi mengamati, menanya, eksperimen/eksplorasi, menyimpulkan, serta mengomunikasikan.
ü Guru melakukan appersepsi (sejauh mana peserta didik memahami hubungan pelajaran yang lalu dan atau konsep yang dimiliki dengan materi yang akan diajarkan),
ü Guru melaksanakan tes awal (pretest) untuk mengetahui pemahaman peserta didik terhadap materi yang akan diajarkan.
ü Guru memberi motivasi peserta didik

15
2.
Kegiatan Inti
-       Guru membagi siswa kedalam 6 kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari  5 atau 6 orang siswa dengan cara menghitung  dari angka 1 – 6, kemudian di ulangi lagi sampai siswa habis
-       Kemudian siswa bergabung dengan kelompoknya masing-masing berdasarkan angka yang sama
-       Guru meminta salah satu siswa membaca bacaan Qs. Ali Imran ayat : 190, 191 dan 159, siswa yang lain mendengar bacaan
-       Guru memberikan stimulus kepada siswa untuk menanyakan pertanyaan yang berkaitan dengan bacaan
-       Guru meminta siswa untuk mendiskusikan tajwid Q.S. Ali Imran (3) : 190-191 dan 159
-       Siswa merangkum hasil diskusi dan menulisnya dalam Lembar kerja yang sudah di bagikan
-       Masing-masing kelompok secara bergantian menjelaskan tajwid yang sudah di bahas dan membaca ayatnya sesuai dengan tajwid yang sdh dibahas
-       Kelompok yang lain diminta untuk menanggapi atau memberikan saran

105
3.
Penutup
ü Membuat kesimpulan dan melaksanakan refleksi serta penguatan terhadap hasil diskusi, sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya;
ü Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik cara individu maupun kelompok bagi peserta didik yang menguasai materi;
ü Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada per­temuan berikutnya.

15


Pertemuan 2

No.
Kegiatan
Waktu
1.
Pendahuluan:
ü Guru membuka proses pembelajaran dengan memberi salam dan berdo’a,
ü Guru mengelola kelas (mengecek kesiapan, absensi, tempat duduk, dan perlengkapan lainnya),
ü Guru mengajak peserta didik untuk tadarus antara 5-10 menit (membaca/hafalan al-Qur’an atau surah pendek pilihan),
ü Guru menyampaikan penjelasan tentang tujuan pembelajaran yang akan dicapai,
ü Guru memberikan penjelasan tentang tahapan kegiatan pembelajaran yang meliputi mengamati, menanya, eksperimen/eksplorasi, menyimpulkan, serta mengomunikasikan.
ü Guru melakukan appersepsi (sejauh mana peserta didik memahami hubungan pelajaran yang lalu dan atau konsep yang dimiliki dengan materi yang akan diajarkan),
ü Guru melaksanakan tes awal (pretest) untuk mengetahui pemahaman peserta didik terhadap materi yang akan diajarkan.
ü Guru memberi motivasi peserta didik

15
2.
Kegiatan Inti

-       Guru menggunakan metode MAKE A MATCH (mencari pasangan)
-       Guru menjelaskan tahapan pembelajaran dengan menggunakan metode make a match
-       Guru meminta salah satu siswa membaca bacaan Qs. Ali Imran ayat : 190, 191 dan 159, siswa yang lain mendengar bacaan
-       Guru memberikan stimulus kepada siswa untuk menanyakan pertanyaan yang berkaitan dengan bacaan
-       Guru menyiapkan beberapa kartu yang berisi potongan-potongan ayat Qs. Ali Imran : 190, 191 dan 159 dan kartu yang berisi arti dari potongan ayat tersebut
-       Setiap siswa mendapat sebuah kartu yang bertuliskan potongan ayat/artinya
-       Masing-masing siswa memikirkan jawaban dari kartu yang dipegangnya
-       Siswa mencari pasangan kartunya yang sesuai dengan arti potongan ayat
-       Siswa yang dapat mencocokkan kartunya sebelum batas waktu di berikan poin
-       Kemudian siswa berkumpul dengan pasangan yang sesuai menurut ayat membentuk kelompok
-       Masing-masing kelompok menyusun potongan-potongan ayat dan arti sesuai dengan susunan dalam Al quran
-       Setiap kelompok membaca ayat dan artinya yang sudah disusun sesuai dengan susunan dalam Al Quran sementara kelompok yang lain memperhatikan dan memberikan tanggapan
-       Guru meminta setiap kelompok untuk membuat kesimpulan dari isi kandungan ayat Qs. Ali Imran :190, 191 dan 159
-       Guru memberikan penguatan terhadap hasil diskusi


105
3.
Penutup
ü Membuat kesimpulan dan melaksanakan refleksi serta penguatan terhadap hasil diskusi, sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya;
ü Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik cara individu maupun kelompok bagi peserta didik yang menguasai materi;
ü Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada per­temuan berikutnya.

15



Pertemuan 3

No.
Kegiatan
Waktu
1.
Pendahuluan:
ü Guru membuka proses pembelajaran dengan memberi salam dan berdo’a,
ü Guru mengelola kelas (mengecek kesiapan, absensi, tempat duduk, dan perlengkapan lainnya),
ü Guru mengajak peserta didik untuk tadarus antara 5-10 menit (membaca/hafalan al-Qur’an atau surah pendek pilihan),
ü Guru menyampaikan penjelasan tentang tujuan pembelajaran yang akan dicapai,
ü Guru memberikan penjelasan tentang tahapan kegiatan pembelajaran yang meliputi mengamati, menanya, eksperimen/eksplorasi, menyimpulkan, serta mengomunikasikan.
ü Guru melakukan appersepsi (sejauh mana peserta didik memahami hubungan pelajaran yang lalu dan atau konsep yang dimiliki dengan materi yang akan diajarkan),
ü Guru melaksanakan tes awal (pretest) untuk mengetahui pemahaman peserta didik terhadap materi yang akan diajarkan.
ü Guru memberi motivasi peserta didik

15
2.
Kegiatan Inti
-       Menggunakan Metode Sort Card
-        Guru membagi siswa kedalam 6 kelompok secara heterogen
-        Masing-masing kelompok diminta untuk membaca Qs. Ali Imran : 190, 191 dan 159 secara berulang sampai semua anggota kelompok habis membacanya
-        Semua kelompokdiberikan kartu-kartu yang berisi potongan ayat Qs. Ali Imran : 190, 191 dan 159
-       Siswa diminta menyusunnya dengan susunan yang benar  sesuai dengan susunan dalam Al Quran dan menempelnya di kertas plano
-       Setiap kelompok menempel kertas plano di dinding atau papan tulis
-       Setiap kelompok diminta untuk menilai hasil kerja kelompok lain secara bergantian (kelompok 1 menilai kelompok 2, kelompok 2 menilai kelompok 3 dan seterusnya)
-       Yang menilai memberi conteng benar kalau susunannya benar dan menconteng salah jika susunannya salah)
-       Masing-masing kelompok membaca hasil kerjanya yang sudah di nilai oleh kelompok lain
-       Guru memberi penguatan dengan membaca Qs. Ali Imran : 190, 191 dan 159 dengan bacaan yang benar

105
3.
Penutup
ü Membuat kesimpulan dan melaksanakan refleksi serta penguatan terhadap hasil hafalan, sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya;
ü Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik cara individu maupun kelompok bagi peserta didik yang menguasai materi;
ü Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada per­temuan berikutnya.

15


E.                 Penilaian

1.      Sikap  (observasi, penilaian diri, penilaian antar teman, dan jurnal)

a.     Observasi
Materi: Q.S. Ali Imran (3) : 190-191 dan 159serta hadits terkait

Kelas                    : XII (Dua belas)

No.
Nama
SIKAP
Rata-rata
Predikat
Keterangan
Taat
Kompetitif
Kepedulian
Kreatif
Kerja keras
Kerjasama




Petunjuk Penskoran :

   Skala penilaian sikap dibuat dengan rentang antara 1 s.d 5
1 = sangat kurang
2 = kurang konsisten;
3  = mulai konsisten;
4 = konsisten; dan
5 = selalu konsisten


No
Sikap yang diamati
Melakukan
Ya
Tidak
1
Masuk kelas tepat waktu


2
Mengumpulkan tugas tepat waktu


3
Memakai seragam sesuai tata tertib


4
Mengerjakan tugas yang diberikan


5
Tertib dalam mengikuti pembelajaran


6
Mengikuti kegiatan praktik/ penilaian proyek dengan langkah yang ditetapkan


7
Membawa buku tulis sesuai mata pelajaran


8
Membawa buku teks mata pelajaran


Jumlah


Petunjuk Penskoran :
Jawaban YA diberi skor 2, dan jawaban TIDAK diberi skor 1

b.         Jurnal
Nama Peserta Didik                 : ………………….
Materi: Q.S. Ali Imran (3) : 190-191 dan 159serta hadits terkait
Kelas               : XII (dua belas)

No
Waktu
Kejadian / Perilaku
+ / -
Tindak Lanjut




















































2.      Pengetahuan (Tes Tulis, lisan, dan Penugasan)

a.         Tes tulis/lisan
Materi: Q.S. Ali Imran (3) : 190-191 dan 159serta hadits terkait
Kelas                 : XII (dua belas)
Nama Siswa            : .....................

No.
Indikator
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen Penilaian
1.
Tentukan  tajwid yang terdapat pada Q.S. Ali Imran (3) : 190-191 dan 159

Tes lisan
Penugasan

Tentukan  tajwid yang terdapat pada Q.S. Ali Imran (3) : 190-191 dan 159
2.
Siswa mampu menjelaskanarti Q.S. Ali Imran (3) : 190-191 dan 159
Tes tertulis
Soal Uraian

Terjemahkan Q.S. Ali Imran (3) : 190-191 dan 159
3.
Siswa mampu melaskan asbunnuzulQ.S. Ali Imran (3) : 190-191 dan 159
Tes tertulis
Soal Uraian

Jelaskan asbunnuzulQ.S. Ali Imran (3) : 190-191 dan 159
4.
Siswa mampu menjelaskan isi kandungan Q.S. Ali Imran (3) : 190-191 dan 159
Tes tertulis
Soal Uraian

Jelaskan isi kandungan Q.S. Ali Imran (3) : 190-191 dan 159
5
Siswa mampu menyebutkan pesan-pesan yang terkandung pada Q.S. Ali Imran (3) : 190-191 dan 159
Tes tertulis
Soal Uraian

Sebutkan pesan-pesan yang terkandung pada Q.S. Ali Imran (3) : 190-191 dan 159

Petunjuk Penskoran :
Jawaban diberi skor 1-5 (sesuai dengan tingkatan jawaban).
Petunjuk Penskoran :
Jawaban diberi skor 1-5 (sesuai dengan tingkatan jawaban).
-        Menjawab lengkap                  : 5
-        Menjawab kurang lengkap      : 4
-        Menjawab setengah                : 3
-        Menjawab kurang tepat          : 2
-        Menjawab tapi tidak benar     : 1
-        Tidak menjawab                      : 0











3.      Ketrampilan (Praktik dan Portofolio, dan Penilaian Proyek)
a.         Praktik
Materi: Q.S. Ali Imran (3) : 190-191 dan 159serta hadits terkait
Kelas                    : XII (dua belas)

No
Nama Siswa
Aspek yang dinilai
Nilai
Predikat
1
2
3
4
5
1








2








3








4








Dst








Aspek yang dinilai:
1. Belum bisa
2. Terbata-bata
3. Sedang
4. Lancar
5. Sangat lancar



F.                 Media, Alat, dan Sumber Belajar:
1.         Media                              : Teks bacaan Q.S. Ali Imran (3) : 190-191 dan 159
2.         Alat                                   : LCD projektor
3.         Sumber Belajar                 :Buku PAI dan Budi Pekerti Kelas XII  SMA kur 2013
  Kemdikbud, Tafsir al-Qur’an, Kitab hadis sahih
  Muslim, dan sumber lain yang menunjang.



Mengetahui :
Kepala SMK N  Lhokseumawe



x


Lhokseumawe,              Juli 2015
Guru Bidang Studi



x


































Lhokseumawe,              Juli 2015
Guru Bidang Studi



x


































No comments:

Post a Comment

Makalah QS At Tin

BAB I PENDAHULUAN 1.1.        Latar Belakang Al-Qur'an adalah kitab suci yang diturunkan Allah kepada nabi kita Muhammad.Saw se...