( R P P )
Sekolah
|
:
|
SMA Negeri …………..
|
Matapelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas/Semester
|
:
|
X/ Ganjil
|
Materi Pokok
|
:
|
Mempertahankan kejujuran sebagai cermin kepribadian
|
Alokasi Waktu
|
:
|
3x 3Jam Pelajaran
|
A.
Kompetensi Inti (KI)
(K2) : Mengembangkan
perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah
lingkungan, gotong royong, kerjasama,
cinta damai, responsif dan pro- aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta
dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
2.1 Menunjukkan
perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari sebagai implemantasi dari
pemahaman Q.S. Al-Maidah (5): 8, Q.S. At-Taubah (9): 119 dan hadits terkait.
|
2.1.1 Membaca dan memahami Q.S
al-Maidah:8, dan Q.S at-Taubah:119 tentang kejujuran
2.1.2 Membaca dan memahami hadis-hadis yang
terkait dan mendukung lainnya, tentang kejujuran.
2.1.3 menampilkan contoh perilaku
berdasarkan Q.S al-Maidah:8, dan Q.S at-Taubah:119 tentang kejujuran
|
C. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu :
1.
Membaca dan
memahami Q.S al-Maidah:8, dan Q.S at-Taubah:119 tentang kejujuran
2.
Membaca dan
memahami hadis-hadis yang terkait dan mendukung lainnya, tentang kejujuran.
3.
Menampilkan contoh
perilaku berdasarkan Q.S al-Maidah:8, dan Q.S at-Taubah:119 tentang kejujuran
D. Materi Pembelajaran
Dalam bahasa arab, kata jujur semakna dengan
“as-sidqu” atau “siddiq” yang berarti benar,nyata, atau berkata benar. Lawan
kata ini adalah dusta, atau dalam bahasa arab “al-kazibu”. Secara istilah,
jujur adalah:
1.
Kesesuaian antara ucapan dan
perbuatan
2.
Kesesuaian antara informasi dan
kenyataan
3.
Ketegasan dan kemantapan hati
4.
Sesuatu yang baik yang tidak
dicampuri kedustaan
Ayat-ayat
al-Qur’an dan hadis tentang perintah berlaku jujur.
1.
Q.S al-Maidah:8
Artinya: “Wahai orang-orang yang beriman! Jadilah
kamu penegak keadilan karena Allah (ketika) menjadi saksi dengan adil. Dan
janganlah kebencianmu terhadap suatu kaum mendorong kamu untuk berlaku tidak
adil. Berlaku adillah. Karena (adil) itu lebih dekat dengan takwa. Dan
bertakwalah kepada Allah, sungguh, Allah mahateliti terhadap apa yang kamu
kerjakan.”
2.
Hadist dari Abdullah bin Mas’ud
ra.
Diriwayatkan dari Abdullah bin Mas’ud ra,
Rasulullah saw, bersabda, “hendaklah kamu berlaku jujur karena kejujuran
menuntunmu kepada kebenaran, dan kebenaran menuntunmu ke surga. Dan senantiasa
seseorang berlaku jujur dan selalu jujur sehingga dia tercatat disisi Allah
swt. Sebagai orang yang jujur. Dan hindarilah olehmu berlaku dusta karena
kedustaan menunutunmu pada kejahatan, dan kejahatan menuntunmu ke neraka. Dan
seseorang senantiasa berlaku dusta dan selalu dusta hingga dia tercatat disisi
Allah. Sebagai pendusta.” (H.R Muslim)
E. Metode Pembelajaran
F.
Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran:
1.
Media :
Teks bacaan dalam Software
quranflash_tajweed dan Quran-in-
word-1.3. File Video
2.
Alat :
Laptop, LCD projektor
3.
Sumber Belajar :Buku PAI, Tafsir al-Qur’an, dan
sumber lain yang menunjang (internet dan buku).
G.
Langkah-langkah Kegiatan
Pembelajaran:
a. Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
Dalam
Kegiatan Pendahuluan, Guru :
1. Membuka
proses pembelajaran dengan memberi salam dan berdo’a,
2.
Mengelola kelas (mengecek kesiapan, absensi, tempat duduk, dan
perlengkapan lainnya)
3.
Menyampaikan penjelasan tentang tujuan pembelajaran yang akan
dicapai
4.
Memberikan penjelasan tentang tahapan kegiatan pembelajaran yang
meliputi mengamati, menanya, eksperimen/eksplorasi, menyimpulkan, serta mengomunikasikan.
5.
Memberi
motivasi peserta didik
b.
Kegiatan Inti (105
menit)
1. Mengamati
H.
Penutup
I.
Penilaian
No comments:
Post a Comment