Wednesday, February 7, 2018

RPP K 13 SMK kelas x

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( R P P )

Sekolah
:
SMA Negeri Yosowilangun
Matapelajaran
:
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester
:
X/1 Ganjil
Materi Pokok
:
Meneladani perjuangan dakwah Rasulullah SAW di madinah
Alokasi Waktu
:
3x 3Jam Pelajaran

A.    Kompetensi Inti (KI)
KI 2   : Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan,  gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3:
Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4:
Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator


Kompetensi Dasar


Indikator
2.8Menunjukkan sikap semangat ukhuwah sebagai implementasi dari pemahaman strategi dakwah Rasulullah SAW di Madinah.


2.8Menunjukkan contoh perilaku yang patut di teladani dari sejarah perjuanagan dakwah Rasulullah SAW di madinah sebagai sumber keteladanan pribadi dan pembiasaan


3.10.2 Memahami substansi dan strategi
dakwah rasulullah SAW di
madinah

3.10.2.1Menerangkan substansi dan strategi
dakwah rasulullah SAW di
madinah
3.10.2.2   Menjelaskan strategi dakwah yang
dilakukan  Rasulullah di madinah
3.10.2.3   Menjadikan substansi dan strategi dakwah  yang ilakukan  Rasulullah di madinah sebagai sumber keteladanan pribadi dan biasaan.

4.8.2 Mendeskripsikan substansi dan
strategi dakwah rasulullah SAW di
madinah



4.8.2 Mendemonstrasikan atau menyimulasikan contoh perilaku yang patut di teladani darisejarah perjuanagan dakwah Rasulullah SAW di madinah


C.    Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu :
1.      Menerangkan substansi dakwah Rasulullah SAW di madinah
2.      Menjelaskan strategi dakwah yang   dilakukan  Rasulullah di madinah
3.      Menjadikan substansi dan strategi dakwah  yang ilakukan  Rasulullah di madinah sebagai sumber keteladanan pribadi dan biasaan
4.      Menunjukkan contoh perilaku yang patut di teladani dari sejarah perjuanagan dakwah Rasulullah SAW di madinah sebagai sumber keteladanan pribadi dan pembiasaan
5.      Mendemonstrasikan atau menyimulasikan contoh perilaku yang patut di teladani dari  sejarah perjuanagan dakwah Rasulullah SAW di madinah


D.    Materi Pembelajaran
1.      Memahami perjuangan dakwah Nabi Muhammad SAW
a.       Hijrah, titik awal dakwah Rasulullah SAW di madinah
2.  Substansi dakwah Nabi Muhammad SAW di madinah
      a.  Membina perasudaraan antara kaum Ansor dan kaum Muhajirin
      b.  membentuk masyarakat yang berlandaskn ajaran islam
           a).  Kebiasaan beragama
           b).  Azan, shalat, zakat dan puasa
           c).  Prinsip – prinsip kemanusiaan
           d).  Megajarkan pendidikan pendidikan politik, ekonomi dan sosial       
3.   Strategi dakwah Nabi Muhammad SAW di  madinah
      a.  Meletakkan dasar –dasar kehidupan bermasyarakat
      b.  Surat Nabi kepada para raja
      c.  Penaklukan Mekkah
     
E.     Metode Pembelajaran:
1.      Pertemuan 2    : Reading guide dengan The Power of Two
2.      Pertemuan 3    : Cooperative learning / Coure Review Horay

F.     Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran:
1.    Media                  : Teks bacaan dalam tampilan Microsoft  power point dan Quran-in-
                                   word
2.    Alat                      : Laptop, LCD projektor
3.    Sumber Belajar    :Buku PAI dan Budi Pekerti Kelas X SMAKurikulum 2013 Kemdikbud, Tafsir al-Qur’an, Kitab hadis sahih Muslim, dan sumber lain yang menunjang (internet dan buku).





G.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1.      Pertemuan 1
a.      Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
Dalam Kegiatan Pendahuluan, Guru :
1)    membuka proses pembelajaran dengan memberi salam dan berdo’a,
2)    mengelola kelas (mengecek kesiapan, absensi, tempat duduk, dan perlengkapan lainnya),
3)    mengajak peserta didik untuk tadarus antara 5-10 menit (membaca/hafalan al-Qur’an atau surah pendek pilihan),
4)    menyampaikan penjelasan tentang tujuan pembelajaran yang akan dicapai,
5)    memberikan penjelasan tentang tahapan kegiatan pembelajaran yang meliputi mengamati, menanya, eksperimen/eksplorasi, menyimpulkan, serta mengomunikasikan.
6)    melakukan appersepsi (sejauh mana peserta didik memahami hubungan pelajaran yang lalu dan atau konsep yang dimiliki dengan materi yang akan diajarkan),
7)    melaksanakan tes awal (pretest) untuk mengetahui pemahaman peserta didik terhadap materi yang akan diajarkan.
8)    memberi motivasi peserta didik
b.      Kegiatan Inti (105 menit)
1.      Mengamati
a.       Mencermati bacaan teks tentang pengertian, ketentuan dan hal-hal yang berkaitan dengan pengelolaan wakaf.
b.      Meyimak penjelasan materi di atas melalui tayangan vidio atau media lainnya.
2.      Menanya (memberi stimulus agar peserta didik bertanya)
a.       Mengapa waqaf harus dikelola?
b.      Bagaimana cara mengelola wakaf?
c.       Mengumpulkan data/eksplorasi
d.      Peserta didik mendiskusikan makna dan ketentuan wakaf serta pengeloalaannya.

3.      Mengasosiasi
a.       Membuat kesimpulan materi pengelolaan  wakaf.
4.    Mengkomunikasikan
a.       Mempresentasikan /menyampaikan hasil diskusi tentang materi pengelolaan  wakaf.

c.       Penutup (15 Menit)
1)      Guru menanyakan kepada peserta didik secara acak tentang perjuangan dakwah  Nabi Muhammad SAW, substansi dakwah  Nabi Muhammad SAW di madinah.
2)      Guru menyampaikan hasil Membuat kesimpulan dan melaksanakan refleksi serta penguatan terhadap hasil diskusi, sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya;
3)      Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik cara individu maupun kelompok bagi peserta didik yang menguasai materi;
4)      Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada per­temuan berikutnya.
2.      Pertemuan 2
a.      Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
Dalam kegiatan ini, Guru :
1)      membuka proses pembelajaran dengan memberi salam dan berdo’a,
2)      mengelola kelas (mengecek kesiapan, absensi, tempat duduk, dan perlengkapan lainnya),
3)      mengajak peserta didik untuk tadarus antara 5-10 menit (membaca/hafalan al-Qur’an atau surah pendek pilihan),
4)      menyampaikan penjelasan tentang tujuan pembelajaran yang akan dicapai,
5)      memberikan penjelasan tentang tahapan kegiatan pembelajaran yang meliputi mengamati, menanya, eksperimen/eksplorasi, menyimpulkan, serta mengomunikasikan.
6)      melakukan appersepsi (sejauh mana peserta didik memahami hubungan pelajaran yang lalu dan atau konsep yang dimiliki dengan materi yang akan diajarkan),
7)      melaksanakan tes awal (pretest) untuk mengetahui pemahaman peserta didik terhadap materi yang akan diajarkan.
8)      memberi motivasi peserta didik
b.      Kegiatan Inti (105 menit)
1)      Mengamati
Peserta didik menyimak tampilan Power Point tentang materi strategi dakwah Nabi Muhammad  SAW di madinah
2)      Menanya
Peserta didik menanyakan cara membaca QS. Al Imran 3: 92, H.R. Bukhari ddan muslim, Hadis Rasul H.R. Bukhari dan Muslim
Peserta didikMengajukan pertanyaan terkait hukum tajwid,QS. Al Imran 3: 92, H.R. Bukhari ddan muslim, Hadis Rasul H.R. Bukhari dan Muslim
3)      Mengumpulkan data/eksplorasi
Peserta didik dibagi menjadi kelompok kecil berisi 2 orang
Guru meminta peserta didik untuk mencermati bacaan QS. Al Imran 3: 92, H.R. Bukhari ddan muslim, Hadis Rasul H.R. Bukhari dan Muslim mengidentifikasi hukum tajwid yang terdapat dalam ayat-ayat tersebut.
Peserta didik secara berpasangan saling menyimak bacaan dan saling bertukar jawaban
4)      Mengasosiasi
Peserta didik membandingkan jawaban yang disusun oleh masing-masing pasangan
5)      Mengkomunikasikan:
Peserta didik mempresentasikan kesimpulan-kesimpulan jawaban dari masing-masing pasangan
c.       Penutup (15 menit)
1)    Guru menanyakan strategi dakwah  Nabi Muhammad SAW di madinah.
2)    Guru menyampaikan hasil Membuat kesimpulan dan melaksanakan refleksi serta penguatan terhadap hasil diskusi, sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya;
3)    Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik cara individu maupun kelompok bagi peserta didik yang menguasai materi;
4)    Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada per­temuan berikutnya.


H.    Penilaian

1.      Kolom “Membaca dan menghafal dengan tartĩl”


No.
Nama Peserta Didik
Aspek yang
Dinilai

Jml
Skor


Nilai

Ketuntasan
Tidak
Lanjut
1
2
3
4
T
TT
R
P
1











2











3











4











5











dst.













Keterangan:
T
:Tuntas
TT
:Tidak tuntas
R
: Remedial
P
: Pengayaan

 





Aspek yang dinilai:
1. Tajwĩd
Skor
100

2. Kelancaran
Skor
100

3. Faṡāḥah
Skor
100

4. Seni tilãwah
Skor
100
Jumlah nilai maksimal…                                                  400



NilaiAkhir       :  jumlah nilai yang diperoleh peserta didik  x  100

400


Rubrik penilaiannya adalah:

1. Tajwĩd
•  Jika peserta didik dapat menyebutkan hukum bacaan minimal 8, skor 100.
•  Jika peserta didik dapat menyebutkan 6 hukum bacaan, skor 75.
•  Jika peserta didik dapat menyebutkan 4 hukum bacaan, skor  50.
•  Jika peserta didik dapat menyebutkan 2 hukum bacaan, skor 25.
2. Kelancaran
•  JikapesertadidikdapatmembacaQ.S.an-Nisā''4:59, Q.S.al-Māidah/5:
48, dan Q.S. at-Taubah/9: 105 dengan sangat lancar dan tartĩl, skor 100.
•  JikapesertadidikdapatmembacaQ.S.an-Nisā''/4:59,Q.S.al-Māidah/5:
48, dan Q.S. at-Taubah/9: 105 dengan  lancar dan tartĩl, skor 75.
•  JikapesertadidikdapatmembacadalamQ.S.an-Nisā''/4:59,Q.S.al-
Māidah/5: 48, dan Q.S. at-Taubah/9: 105 kurang lancar dan tartĩl, skor 50.
•  Jikapesertadidiktidak dapatmembacadenganlancardantartĩlQ.S.an-
Nisā''/4: 59Q.S. al-Māidah/5: 48, dan Q.S. at-Taubah/9: 105, skor 25.
3. Faṡāḥah
•  Jika peserta didik dapat membaca sangat faṣih, skor 100.
•  Jika peserta didik dapat membaca faṣih, skor 100.
•  Jika peserta didik dapat membaca kurang faṣih, skor 50.
•  Jika peserta didik dapat membaca tidak faṣih, skor 25.

4. Seni tilãwah
•  Jikapesertadidikdapatmembacadengansangatmerdudanindah,skor
100.
•  Jika peserta didik dapat membaca  dengan merdu dan indah, skor 75.
•  Jika peserta didik dapat membaca kurang merdu dan indah, skor 50.
•  Jika peserta didik tidak dapat membaca dengan merdu dan indah, skor 25.

Keterangan:
Sangat lancar : Jika peserta didik memperoleh skor 100
Lancar           : Jika peserta didik memperoleh skor 80
Cukup lancar : Jika peserta didik memperoleh skor 60
Kurang lancar: Jika peserta didik memperoleh skor 40
Tidak lancar  : Jika peserta didik memperoleh skor 20

2.  Menyalin dan Mencari HukumTajwid

 














Keterangan:
T         :Tuntas
TT       :Tidak tuntas
R         : Remedial
P         : Pengayaan
Rubrik penialain:

1. Sesuai kaidah penulisan
•  Jikapesertadidikdapat menulissesuaikaidahpenulisandengansangat
baik, skor 100.
•  Jikapesertadidikdapatmenulissesuaikaidahpenulisandenganbaik,skor
75.
•  Jikapesertadidikdapat menulis  sesuai kaidahpenulisandengankurang
baik, skor 50.
•  Jikapesertadidiktidakdapatmenulis sesuaikaidahpenulisanyangbaik,
skor 25.

2. Kerapian
•  Jika peserta didik dapat menulis sangat rapi, skor 100.
•  Jika peserta didik dapat menulis rapi, skor 75.
•  Jika peserta didik dapat menulis kurang rapi, skor 50.
•  Jika peserta didik dapat menulis tidak rapi, skor 25.

3. HukumTajwĩd
•  Apabila Peserta didik dapat menemukan 8 hukum bacaan, skor 100.
•  Apabila Peserta didik dapat menemukan 6 hukum bacaan, skor 75.
•  Apabila Peserta didik dapat menemukan 4 hukum bacaan, skor 50.
•  Apabila Peserta didik dapat menemukan 2 hukum bacaan, skor 25.


Nilai akhir  :  jumlah skor aspek 1 + aspek 2 + aspek 3   x  100

300

3.   DiskusidanPresentasi   tentangmaknaisikandungan ayat


No.

Nama
Peserta didik
Aspek yang
Dinilai

Skor
Maks


Nilai

Ketuntasan
Tidak lanjut
1
2
3
T
TT
R
P
1










2










3










4










5










dst.











Keterangan:
T         :Tuntas
TT       :Tidak tuntas
R         : Remedial
P         : Pengayaan

Rubrik  penilaian:
1.Kejelasan dan kedalaman informasi
•  Jika kelompok tersebut dapat memberikan kejelasan dan kedalaman
informasi dengan sangat baik, skor 100.
•  Jika kelompok tersebut dapat memberikan kejelasan dan kedalaman
informasi dengan baik, skor 75.
•  Jika kelompok tersebut dapat memberikan kejelasan dan kedalaman
informasi dengan cukup baik, skor 50.
•  Jika kelompok tersebut dapat memberikan kejelasan dan kedalaman
informasi dengan kurang baik, skor 25.

2.Kemampuan bertanya, menjawab dan menanggapi dalam diskusi
•  Jika kelompok tersebut  berperan sangat aktif  dalam diskusi, skor 100.
•  Jika kelompok tersebut berperan  aktif dalam diskusi, skor 75.
•  Jika kelompok tersebut cukup aktif dalam diskusi, skor 50.
•  Jika kelompok tersebut kurang aktif dalam diskusi, skor 25.

3.Kejelasan dan kerapian presentasi
•  Jikakelompoktersebutdapatmempresentasikansangatjelasdanrapi,skor
100.
•  Jika kelompok tersebut dapat mempresentasikan jelas dan rapi, skor 75.
•  Jikakelompoktersebutdapatmempresentasikankurangjelasdan kurang
rapi, skor 50.
•  Jikakelompoktersebutdapatmempresentasikantidakjelasdantidakrapi,
skor 25.

Nilai akhir    =  jumlah nilai yang diperoleh peserta didik  x 100

300

D.Tugas Kelompok

Dalam kegiatan tugas/kerja kelompok hal-hal yang dilakukan guru adalah:
a. Membuat kelompok sesuai dengan jumlah peserta didik di dalam kelasnya maksimal 5 orang dalam satu kelompok.
b. Masing-masing kelompok mengerjakan tugas sesuai dengan perintah yang ada di dalam buku peserta didik, guru melakukan mentoring.
c. Masing-masingkelompokmempresentasikanhasilkerjanyadankelompok lainnyamemberikantanggapan,gurumelakukanpengamatandanpenilaian (sangat baik, baik, cukup baik, atau kurang baik).
d. Gurumemberikankomentarataupenguatanterhadapmateriyang didiskusikan oleh peserta didik.


                                                                        Lumajang, 10 Agustus  2014
Kepala Sekolah,                                                      Guru Mata Pelajaran,





........................................                BASONI ARIFIN (PPL)
NIP.                                                                        NIP.




No comments:

Post a Comment

Makalah QS At Tin

BAB I PENDAHULUAN 1.1.        Latar Belakang Al-Qur'an adalah kitab suci yang diturunkan Allah kepada nabi kita Muhammad.Saw se...