( R P P )
Sekolah
|
:
|
SMA Negeri …………..
|
Matapelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas/Semester
|
:
|
X/ Ganjil
|
Materi Pokok
|
:
|
Sayang, patuh dan hormat kepada orang tua dan guru
|
Alokasi Waktu
|
:
|
4x 3Jam Pelajaran
|
A.
Kompetensi Inti (KI)
(K2) : Mengembangkan
perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah
lingkungan, gotong royong, kerjasama,
cinta damai, responsif dan pro- aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta
dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
2.2 Menunjukkan perilaku hormat dan patuh kepada orang
tua dan guru sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Isra (17): 23 dan
hadits terkait
|
2.2.1 Mejelaskan arti dan isi Q.S Al-Baqarah: 83,
Q.S Al-Isra’:23-24, dan Al-Ankabut:8
2.2.2 Menjelaskan pengertian menikmati hidup dengan
sayang,patuh dan hormat kepada orang tua dan guru
2.2.3 Menjelaskan makna isi Q.S Al-Baqarah: 83,
Q.S Al-Isra’:23-24, dan Al-Ankabut:8
2.2.4 Menampilkan contoh perilaku berdasarkan Q.S
Al-Baqarah: 83, Q.S Al-Isra’:23-24, dan
Al-Ankabut:8 tentang sayang,patuh dan hormat kepada orang tua dan guru
|
C. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu :
1.
Membaca Q.S Al-Baqarah:
83, Q.S Al-Isra’:23-24, dan
Al-Ankabut:8tentang sayang,patuh dan hormat kepada orang tua dan guru
2.
Mejelaskan arti dan isi Q.S Al-Baqarah: 83, Q.S
Al-Isra’:23-24, dan Al-Ankabut:8
3.
Menjelaskan pengertian menikmati hidup dengan
sayang,patuh dan hormat kepada orang tua dan guru
4.
Menjelaskan makna isi Q.S Al-Baqarah: 83, Q.S
Al-Isra’:23-24, dan Al-Ankabut:8
5.
Menampilkan contoh perilaku berdasarkan Q.S
Al-Baqarah: 83, Q.S Al-Isra’:23-24, dan
Al-Ankabut:8 tentang sayang,patuh dan hormat kepada orang tua dan guru
D. Materi Pembelajaran
1. Sayang, hormat dan patuh
kepada orang tua
a.
Makna orang tua bagi anak
b.
Kewajiban berbakti kepada kedua orang tua
c.
Keutamaan berbakti kepada orang tua
2. Hormat dan patuh kepada
guru
a.
Makna seorang guru
b.
Adab seorang murid terhadap guru
1.
Hendaklah merendahkan diri dihadapan guru, tidak keluar
dari tempat belajar sebalum mendapat izin dari guru.
2.
Hendaklah memandang guru dengan penuh rasa ta’zim atau
hormat dengan meyakini bahwa gurunya memiliki kelebihan.
3.
Hendaklah duduk dihadapan guru dengan sopan, tenang dan
mendengarkan apa yang dijelaskan oleh guru.
4.
Patuh terhadap perkataan dan perintahnya
E. Metode Pembelajaran
1.
Reading guide dengan The Power of Two
2.
Cooperative learning / Coure Review Horay
F.
Media, Alat, dan
Sumber Pembelajaran:
1.
Media :
Teks bacaan dalam Software
quranflash_tajweed dan Quran-in-
word-1.3. File Video
2.
Alat :
Laptop, LCD projektor
3.
Sumber Belajar :Buku PAI, Tafsir al-Qur’an, dan
sumber lain yang menunjang (internet dan buku).
G.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
a. Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
Dalam
Kegiatan Pendahuluan, Guru :
1.
membuka proses pembelajaran dengan memberi salam dan berdo’a,
2.
mengelola kelas (mengecek kesiapan, absensi, tempat duduk, dan
perlengkapan lainnya),
3.
mengajak peserta didik untuk tadarus antara 5-10 menit
(membaca/hafalan al-Qur’an atau surah pendek pilihan),
4.
menyampaikan penjelasan tentang tujuan pembelajaran yang akan
dicapai,
5.
memberikan penjelasan tentang tahapan kegiatan pembelajaran yang
meliputi mengamati, menanya, eksperimen/eksplorasi, menyimpulkan, serta mengomunikasikan.
6.
melakukan appersepsi (sejauh mana peserta didik memahami
hubungan pelajaran yang lalu dan atau konsep yang dimiliki dengan materi yang
akan diajarkan),
7.
melaksanakan tes awal (pretest) untuk mengetahui pemahaman
peserta didik terhadap materi yang akan diajarkan.
8.
memberi
motivasi peserta didik
b.
Kegiatan Inti (105 menit)
1. Mengamati
Menyimak bacaan, membaca, mengidentifikasi hukum
bacaan (tajwid), dan mencermati kandungan
Q.S Al-Baqarah: 83, Q.S Al-Isra’:23-24, dan Al-Ankabut:8tentang sayang,patuh dan hormat
kepada orang tua dan guru
2. Menanya
a. Menanyakan cara membaca Q.S Al-Baqarah: 83, Q.S
Al-Isra’:23-24, dan Al-Ankabut:8
b. Mengajukan pertanyaan terkaitsayang,patuh dan hormat kepada orang
tua dan guru, dan isi kandungan Q.S
Al-Baqarah: 83, Q.S Al-Isra’:23-24, dan
Al-Ankabut:8
3. Mengumpulkan data/eksplorasi
a. Mendiskusikan cara membaca Q.S Al-Baqarah: 83, Q.S
Al-Isra’:23-24, dan Al-Ankabut:8sesuai dengan hukum
bacaan tajwid;
b. Menterjemahkan Q.S Al-Baqarah: 83, Q.S
Al-Isra’:23-24, dan Al-Ankabut:8
4.
Mengasosiasi
Membuat kesimpulan dari kandungan Q.S Al-Baqarah: 83, Q.S
Al-Isra’:23-24, dan Al-Ankabut:8
5. Mengkomunikasikan:
Mendemonstrasikan bacaan (hafalan), menyampaikan hasil
diskusi tentang Q.S Al-Baqarah:
83, Q.S Al-Isra’:23-24, dan Al-Ankabut:8secara individu maupun kelompok
c.
Penutup
1.
Melaksanakan
refleksi dan kesimpulan sebagaimana yang terdapat dalam buku teks peserta didik
pada kolom rangkuman, serta mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didik
dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan
langkah selanjutnya, dalam menerapkan perilaku perjuangan dakwah Rasulullah saw
di mekah, baik di rumah, di sekolah dan maupun di masyarakat
2.
Guru
dan peserta didik menyimpulkan intisari dari pelajaran tersebut.
3.
Merencanakan
kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik secara individu maupun
kelompok, bagi peserta didik yang belum menguasai pembelajaran dakwah
Rasulullah saw di mekah, melakukan remedial, atau pengembangan materi bagi
peserta didik yang lebih berkembang secara kreatif, inovatif dan produktif
4.
Menyampaikan
tema dan rencana pembelajaran pada peremuan berikutnya
H.
Penilaian
1.
DiskusidanPresentasi tentangmaknaisikandungan ayat
![]()
No.
|
Nama
Peserta didik
|
Aspek yang
Dinilai
|
Skor
Maks
|
Nilai
|
Ketuntasan
|
Tidak lanjut
|
||||
1
|
2
|
3
|
T
|
TT
|
R
|
P
|
||||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dst.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
T :Tuntas
TT
:Tidak tuntas
R
: Remedial
P
: Pengayaan
Rubrik penilaian:
1.Kejelasan dan
kedalaman informasi
• Jika kelompok tersebut dapat memberikan
kejelasan dan kedalaman
informasi dengan sangat
baik, skor 100.
• Jika kelompok tersebut dapat memberikan
kejelasan dan kedalaman
informasi dengan baik, skor
75.
• Jika kelompok tersebut dapat memberikan
kejelasan dan kedalaman
informasi dengan cukup
baik, skor 50.
• Jika kelompok tersebut dapat memberikan
kejelasan dan kedalaman
informasi dengan kurang
baik, skor 25.
2.Kemampuan bertanya,
menjawab dan menanggapi dalam diskusi
• Jika kelompok tersebut berperan sangat aktif dalam diskusi, skor 100.
• Jika kelompok tersebut berperan aktif dalam diskusi, skor 75.
• Jika kelompok tersebut cukup aktif dalam
diskusi, skor 50.
• Jika kelompok tersebut kurang aktif dalam
diskusi, skor 25.
3.Kejelasan dan kerapian
presentasi
• Jikakelompoktersebutdapatmempresentasikansangatjelasdanrapi,skor
100.
• Jika kelompok tersebut dapat mempresentasikan
jelas dan rapi, skor 75.
•
Jikakelompoktersebutdapatmempresentasikankurangjelasdan kurang
rapi, skor 50.
• Jikakelompoktersebutdapatmempresentasikantidakjelasdantidakrapi,
skor 25.
jumlah nilai yang diperoleh
peserta didik

300
D.Tugas
Kelompok
Dalam kegiatan
tugas/kerja kelompok hal-hal yang dilakukan guru adalah:
a. Membuat kelompok sesuai dengan jumlah peserta didik
di dalam kelasnya maksimal 5 orang dalam satu kelompok.
b. Masing-masing kelompok mengerjakan tugas sesuai
dengan perintah yang ada di dalam buku peserta didik, guru melakukan mentoring.
c.
Masing-masingkelompokmempresentasikanhasilkerjanyadankelompok
lainnyamemberikantanggapan,gurumelakukanpengamatandanpenilaian (sangat baik,
baik, cukup baik, atau kurang baik).
d.
Gurumemberikankomentarataupenguatanterhadapmateriyang didiskusikan oleh peserta
didik.
Lumajang, 1 Juli 2014
Kepala
Sekolah,
Guru Mata
Pelajaran,
No comments:
Post a Comment