( R P P )
Sekolah
|
:
|
SMA Negeri …………..
|
Matapelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas/Semester
|
:
|
X/ Ganjil
|
Materi Pokok
|
:
|
Malaikat selalu bersamaku
|
Alokasi Waktu
|
:
|
4x 3Jam Pelajaran
|
A.
Kompetensi Inti (KI)
(K1) : Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
(K3) :Memahami dan
menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
(K4) :Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
1.1.Menghayati nilai-nilai
keimanan kepada Malaikat-malaikat Allah
SWT.
|
1.1.1
Menyebutkan pengertian iman
kepada malaikat Allah Swt
1.1.2
Menyebutkan dalil naqli dan aqli
tentang iman kepada malaikat
|
3.6 Memahami
makna beriman kepada malaikat-malaikat Allah SWT.
|
3.6.1
Menjelaskan kedudukan dan tugas-tugas malaikat
|
4.4 Berperilaku
yang mencerminkan kesadaran beriman kepada Malaikat-malaikat Allah SWT
|
4.4.1
Menunjukkan contoh perilaku beriman kepada malaikat
|
C. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu :
1.
Menyebutkan pengertian iman kepada malaikat
Allah Swt
2.
Menyebutkan dalil naqli dan aqli tentang iman
kepada malaikat
3.
Menjelaskan kedudukan dan tugas-tugas malaikat
4.
Menunjukkan contoh perilaku beriman kepada
malaikat
5.
Melaksanakan
perintah Allah swt atas dasar iman pada malaikat
6.
Peserta
didik mampu menjelaskan tentang tanda-tanda beriman kepada malaikat
7.
Menerapkan
perilaku yang mencerminkan penghayatan beriman kepada malaikat
D. Materi Pembelajaran
1. Pengertian imah kepada
malaikat
Iman secara bahasa artinya
percaya atau yakin. Iman dari segi istilah adalah meyakini setulus hati yang
mengakar kuat, mengucapkan dengan lisan, dan mengamalkan dengan seluruh anggota
badan. Iman kepada malaikat adalah meyakini dengan sepunuh hati bahwa allah swt
menciptakan malaikat sebagai makhluk gaib yang diutus untuk melaksanakan segala
perintahnya.
2. Hukum beriman kepada
malaikat
Beriman kepada malaikat hukumnya
fardhu ain.
3. Dalam sebuah hadist
Rasulullah saw bersabda, yang artinya,”Dari aisyah berkata: Rasulullah saw
bersabda, malaikat diciptakan dari cahaya, jin diciptakan dari api yang
menyala-nyala dan adam diciptakan dari sesuatu yang telah disebutkan
(ciri-cirinya) untuk kalian”. HR. Muslim
4. Nama-nama malaikat dan
tugasnya
a.
Malaikat Jibril menyampaikan wahyu
b.
Malaikat Mikail dalah malaikat yang diberi tugas untuk
mengatur urusan makhluk Allah swt. Sekaligus mengatur rezeki terutama kepada
manusia.
c.
Malaikat Izrail diberi tugas mencabut nyawa semua makhluk
termasuk dirinya sendiri.
d.
Malaikat israfil diberi tugas meniup sangkakala
e.
Malaikat Munkar dan Nakir adalah dua malaikat yang
bertugas mananyakan dan menguji iman orang yang sudah mati di alam kubur.
f.
Malaikat raqib bertugas mencatat segala amal kebaikan
manusia.
g.
Malaikat Atid adalahbertugas mencatat segala amal
keburukan manusia.
h.
Malaikat Malik adalah pemimpin malaikat yang bertugas di
neraka.
i.
Malaikat Ridwan diberi tugas menjaga dan mengawasi surga
serta menyambut semua hamba Allah swt yang akan masuk kedalamnya.
E. Metode Pembelajaran
1.
Reading guide dengan The Power of Two
2.
Cooperative learning / Coure Review Horay
F.
Media, Alat, dan
Sumber Pembelajaran:
1.
Media :
Teks bacaan dalam Software
quranflash_tajweed dan Quran-in-
word-1.3. File Video
2.
Alat :
Laptop, LCD projektor
3.
Sumber Belajar :Buku PAI, Tafsir al-Qur’an, dan
sumber lain yang menunjang (internet dan buku).
G.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
a. Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
Dalam
Kegiatan Pendahuluan, Guru :
1.
membuka proses pembelajaran dengan memberi salam dan berdo’a,
2.
mengelola kelas (mengecek kesiapan, absensi, tempat duduk, dan
perlengkapan lainnya),
3.
mengajak peserta didik untuk tadarus antara 5-10 menit
(membaca/hafalan al-Qur’an atau surah pendek pilihan),
4.
menyampaikan penjelasan tentang tujuan pembelajaran yang akan
dicapai,
5.
memberikan penjelasan tentang tahapan kegiatan pembelajaran yang
meliputi mengamati, menanya, eksperimen/eksplorasi, menyimpulkan, serta mengomunikasikan.
6.
melakukan appersepsi (sejauh mana peserta didik memahami
hubungan pelajaran yang lalu dan atau konsep yang dimiliki dengan materi yang
akan diajarkan),
7.
melaksanakan tes awal (pretest) untuk mengetahui pemahaman
peserta didik terhadap materi yang akan diajarkan.
8.
memberi
motivasi peserta didik
b.
Kegiatan Inti (105 menit)
1. Mengamati
a. Mencermati bacaan teks tentangmakna dan contoh perilaku
beriman kepada malaikat-malaikat Allah SWT
b. Meyimak penjelasan materi di atas melalui tayangan
vidio atau media lainnya.
2. Menanya (memberi
stimulus agar peserta didik bertanya)
a. Mengapa kita
harus beriman kepada malaikat?
b. Apa yang harus dilakukan oleh orang yang beriman
kepada malaikat?
3. Mengumpulkan data/eksplorasi
a. Peserta didik mendiskusikan makna dan contoh
perilaku beriman kepada Malaikat.
b. Guru mengamati perilaku beriman kepada Malaikat melalui lembar
pengamatan di sekolah.
c. Guru berkolaborasi dengan orang tua untuk mengamati
perilaku beriman kepada Malaikat di
rumah.
4.
Mengasosiasi
Membuat kesimpulan tentang makna beriman kepada
malaikat-malaikat Allah SWT.
5. Mengkomunikasikan
Mempresentasikan /menyampaikan hasil diskusi
tentang beriman kepada malaikat-malaikat Allah SWT.
c. Penutup
1.
Melaksanakan
refleksi dan kesimpulan sebagaimana yang terdapat dalam buku teks peserta didik
pada kolom rangkuman, serta mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didik
dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan
langkah selanjutnya, dalam menerapkan perilaku perjuangan dakwah Rasulullah saw
di mekah, baik di rumah, di sekolah dan maupun di masyarakat
2.
Guru
dan peserta didik menyimpulkan intisari dari pelajaran tersebut.
3.
Merencanakan
kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik secara individu maupun
kelompok, bagi peserta didik yang belum menguasai pembelajaran dakwah
Rasulullah saw di mekah, melakukan remedial, atau pengembangan materi bagi
peserta didik yang lebih berkembang secara kreatif, inovatif dan produktif
4.
Menyampaikan
tema dan rencana pembelajaran pada peremuan berikutnya
H.
Penilaian
Rubrik penilaian:
1.Kejelasan dan
kedalaman informasi
• Jika kelompok tersebut dapat memberikan
kejelasan dan kedalaman
informasi dengan sangat
baik, skor 100.
• Jika kelompok tersebut dapat memberikan
kejelasan dan kedalaman
informasi dengan baik, skor
75.
• Jika kelompok tersebut dapat memberikan
kejelasan dan kedalaman
informasi dengan cukup
baik, skor 50.
• Jika kelompok tersebut dapat memberikan
kejelasan dan kedalaman
informasi dengan kurang
baik, skor 25.
2.Kemampuan bertanya,
menjawab dan menanggapi dalam diskusi
• Jika kelompok tersebut berperan sangat aktif dalam diskusi, skor 100.
• Jika kelompok tersebut berperan aktif dalam diskusi, skor 75.
• Jika kelompok tersebut cukup aktif dalam
diskusi, skor 50.
• Jika kelompok tersebut kurang aktif dalam
diskusi, skor 25.
3.Kejelasan dan kerapian
presentasi
•
Jikakelompoktersebutdapatmempresentasikansangatjelasdanrapi,skor
100.
• Jika kelompok tersebut dapat mempresentasikan
jelas dan rapi, skor 75.
•
Jikakelompoktersebutdapatmempresentasikankurangjelasdan kurang
rapi, skor 50.
•
Jikakelompoktersebutdapatmempresentasikantidakjelasdantidakrapi,
skor 25.
jumlah nilai yang diperoleh
peserta didik

300
D.Tugas
Kelompok
Dalam kegiatan
tugas/kerja kelompok hal-hal yang dilakukan guru adalah:
a. Membuat kelompok sesuai dengan jumlah peserta didik
di dalam kelasnya maksimal 5 orang dalam satu kelompok.
b. Masing-masing kelompok mengerjakan tugas sesuai
dengan perintah yang ada di dalam buku peserta didik, guru melakukan mentoring.
c.
Masing-masingkelompokmempresentasikanhasilkerjanyadankelompok
lainnyamemberikantanggapan,gurumelakukanpengamatandanpenilaian (sangat baik,
baik, cukup baik, atau kurang baik).
d.
Gurumemberikankomentarataupenguatanterhadapmateriyang didiskusikan oleh peserta
didik.
Lumajang, 1 Juli 2014
Kepala
Sekolah,
Guru Mata
Pelajaran,
No comments:
Post a Comment