Wednesday, February 7, 2018

RPP PAI K13

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( R P P )

Sekolah
:
SMA Negeri …………..
Matapelajaran
:
Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester
:
X/ Ganjil
Materi Pokok
:
Meniti hidup dengan kemuliaan
Alokasi Waktu
:
4x 3Jam Pelajaran

A.    Kompetensi Inti (KI)
(K2)  : Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan,  gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro- aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan  alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
(K3)    :Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
(K4)     :Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator

Kompetensi Dasar
Indikator
2.3Menunjukkan perilaku kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan), dan persaudaraan (ukhuwah) sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Anfal(8): 72, Q.S. Al-Hujurat (49): 12 dan 10 serta hadits terkait
2.3.1 Menunjukkan perilaku kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan), dan persaudaraan (ukhuwah) sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Anfal(8): 72, Q.S. Al-Hujurat (49): 12 dan 10 serta hadits terkait
3.1Menganalisis  Q.S. Al-Anfal (8) : 72); Q.S. Al-Hujurat (49) : 12; dan QS Al-Hujurat (49) : 10; serta hadits tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan), dan persaudaraan (ukhuwah).

3.1.1 Menyebutkan arti Q.S. Al-Anfal(8): 72, Q.S. Al-Hujurat (49): 12dan Q.S. Al-Hujurat (49) : 10
3.1.2 Menjelaskan makna isi Q.S. Al-Anfal(8): 72, Q.S. Al-Hujurat (49): 12dan Q.S. Al-Hujurat (49) : 10
4.1.1Membaca Q.S. Al-Anfal (8) : 72); Q.S. Al-Hujurat (49) : 12; dan Q.S. Al-Hujurat (49) : 10 sesuai dengan kaidah tajwid dan makhrajul huruf.

4.1.1.1 Membaca Q.S. Al-Anfal(8): 72, Q.S. Al-Hujurat (49): 12dan Q.S. Al-Hujurat (49) : 10 tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (khusnuzzhan) dan persaudaraan (ukhuwwah)
4.1.2Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Al-Anfal (8) : 72); Q.S. Al-Hujurat (49) : 12; QS Al-Hujurat (49) : 10, dengan lancar.
4.1.2.1 Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Al-Anfal (8) : 72); Q.S. Al-Hujurat (49) : 12; QS Al-Hujurat (49) : 10, dengan lancar.

C.    Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu :
1.      Membaca Q.S. Al-Anfal(8): 72, Q.S. Al-Hujurat (49): 12dan Q.S. Al-Hujurat (49) : 10 tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (khusnuzzhan) dan persaudaraan (ukhuwwah)
2.      Menyebutkan arti Q.S. Al-Anfal(8): 72, Q.S. Al-Hujurat (49): 12dan Q.S. Al-Hujurat (49) : 10
3.      Menjelaskan makna isi Q.S. Al-Anfal(8): 72, Q.S. Al-Hujurat (49): 12dan Q.S. Al-Hujurat (49) : 10
4.      Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Al-Anfal (8) : 72); Q.S. Al-Hujurat (49) : 12; QS Al-Hujurat (49) : 10, dengan lancar.
5.      Menunjukkan perilaku kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan), dan persaudaraan (ukhuwah) sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Anfal(8): 72, Q.S. Al-Hujurat (49): 12 dan 10 serta hadits terkait
D.    Materi Pembelajaran
1.      Pengendalian diri (mujahadah an-nafs)
Pengendalian diri atau kontrol diri adalah menahan diri dan juga orang lain, seperti sifat serakah atau tamak.
2.      Prasangka baik
Prasangka baik atau husnuzzhan berasal dari kata arab yaitu husnu yang artinya baik, dan zan, yang artinya prasangka. Jadi prasangka baik atau positive thinking dalam terminologi islam dikenal dengan istilah husnuzzan. Secara istilah husnuzzan adalah sikap orang yang selalu berfikir positif terhadap apa yang telah diperbuat oleh orang lain. Lawan kata dari husnuzzan adalah su’udzan (prasangka buruk).
3.      Persaudaraan (ukhuwwah)
Persaudaraan dalam islam dimaksudkan bukan sebatas kekerabatan karena faktor keturunan, tetapi yang dimaksud persaudaraan dalam islam adalah persaudaraan yang diikat oleh tali aqidah (sesama muslim) dan persaudaraan dalam fungsi kemanusiaan (sesama manusia makhluk Allah Swt). Kedua persaudaraan tersebut sangat jelas dicontohkan oleh Rasulullah saw, yaitu mempersaudarakan antara kaum muhahhirin dan anshar, serta menjalin hubungan persaudaraan dengan suku-suku lain yang tidak seiman dan melakukan kerja sama dengan mereka.

E.     Metode Pembelajaran
1.      Reading guide dengan The Power of Two
2.      Cooperative learning / Coure Review Horay

F.     Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran:
1.    Media                  : Teks bacaan dalam Software quranflash_tajweed dan Quran-in-
                                   word-1.3. File Video
2.    Alat                      : Laptop, LCD projektor
3.    Sumber Belajar    :Buku PAI, Tafsir al-Qur’an, dan sumber lain yang menunjang (internet dan buku).
G.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
a.      Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
Dalam Kegiatan Pendahuluan, Guru :
1.    membuka proses pembelajaran dengan memberi salam dan berdo’a,
2.    mengelola kelas (mengecek kesiapan, absensi, tempat duduk, dan perlengkapan lainnya),
3.    mengajak peserta didik untuk tadarus antara 5-10 menit (membaca/hafalan al-Qur’an atau surah pendek pilihan),
4.    menyampaikan penjelasan tentang tujuan pembelajaran yang akan dicapai,
5.    memberikan penjelasan tentang tahapan kegiatan pembelajaran yang meliputi mengamati, menanya, eksperimen/eksplorasi, menyimpulkan, serta mengomunikasikan.
6.    melakukan appersepsi (sejauh mana peserta didik memahami hubungan pelajaran yang lalu dan atau konsep yang dimiliki dengan materi yang akan diajarkan),
7.    melaksanakan tes awal (pretest) untuk mengetahui pemahaman peserta didik terhadap materi yang akan diajarkan.
8.    memberi motivasi peserta didik
b.      Kegiatan Inti (105 menit)
1.      Mengamati
a.       Menyimak bacaan, membaca, mengidentifikasi hukum bacaan (tajwid), dan mencermati kandungan  Q.S. Al-Anfal (8): 72; Q.S. Al-Hujurat (49):12; dan Q.S. Al-Hujurat (49):10 serta hadits terkait.
b.      Mencermati manfaat dan hikmah kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan) dan persaudaraan (ukhuwah) melalui tayangan video atau media lainnya.
2.      Menanya
a.       Menanyakan cara membaca Q.S. Al-Anfal (8): 72; Q.S. Al-Hujurat (49): 12 dan 10,
b.      Mengajukan pertanyaan terkait hukum tajwid, asbabun nuzul, dan isi kandungan Q.S. Al-Anfal (8) : 72); Q.S. Al-Hujurat (49) : 12; dan Q.S. Al-Hujurat (49) : 10, serta hadits terkait.
3.      Mengumpulkan data/eksplorasi
a.       Mendiskusikan cara membaca  Q.S. Al-Anfal (8): 72; Q.S. Al-Hujurat (49): 12 dan 10 sesuai dengan hukum  bacaan tajwid;
b.      Menterjemahkan Q.S. Al-Anfal (8): 72; Q.S. Al-Hujurat (49): 12 dan 10 serta hadits terkait;
c.       Menganalisis asbabun nuzul/wurud dan kandungan Q.S. Al-Anfal (8): 72); Q.S. Al-Hujurat (49):12; dan Q.S. Al-Hujurat (49):10  serta hadits terkait.
4.      Mengasosiasi
Membuat kesimpulan dari kandungan Q.S. Al-Anfal (8): 72); Q.S. Al-Hujurat (49):12; dan Q.S. Al-Hujurat (49):10  serta hadits terkait.
5.      Mengkomunikasikan:
Mendemonstrasikan bacaan (hafalan), menyampaikan hasil diskusi tentang  Q.S. Al-Anfal (8): 72; Q.S. Al-Hujurat (49): 12 dan 10 serta hadits terkait secara individu maupun kelompok
c.       Penutup
1.      Melaksanakan refleksi dan kesimpulan sebagaimana yang terdapat dalam buku teks peserta didik pada kolom rangkuman, serta mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya, dalam menerapkan perilaku perjuangan dakwah Rasulullah saw di mekah, baik di rumah, di sekolah dan maupun di masyarakat
2.      Guru dan peserta didik menyimpulkan intisari dari pelajaran tersebut.
3.      Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik secara individu maupun kelompok, bagi peserta didik yang belum menguasai pembelajaran dakwah Rasulullah saw di mekah, melakukan remedial, atau pengembangan materi bagi peserta didik yang lebih berkembang secara kreatif, inovatif dan produktif
4.      Menyampaikan tema dan rencana pembelajaran pada peremuan berikutnya

H.    Penilaian
  1. Kolom “Membaca dan menghafal dengan tartĩl”


No.
Nama Peserta Didik
Aspek yang
Dinilai

Jml
Skor


Nilai

Ketuntasan
Tidak
Lanjut
1
2
3
4
T
TT
R
P
1











2











3











4











5











dst.













Keterangan:
T
:Tuntas
TT
:Tidak tuntas
R
: Remedial
P
: Pengayaan

 





Aspek yang dinilai:
1. Tajwĩd
Skor
100

2. Kelancaran
Skor
100

3. Faṡāḥah
Skor
100

4. Seni tilãwah
Skor
100
Jumlah nilai maksimal…                                                  400



NilaiAkhir       :  jumlah nilai yang diperoleh peserta didik  x  100
400


Rubrik penilaiannya adalah:

1. Tajwĩd
•  Jika peserta didik dapat menyebutkan hukum bacaan minimal 8, skor 100.
•  Jika peserta didik dapat menyebutkan 6 hukum bacaan, skor 75.
•  Jika peserta didik dapat menyebutkan 4 hukum bacaan, skor  50.
•  Jika peserta didik dapat menyebutkan 2 hukum bacaan, skor 25.
2. Kelancaran
a. JikapesertadidikdapatmembacaQ.S.an-Nisā''4:59, Q.S.al-Māidah/5:48, dan Q.S. at-Taubah/9: 105 dengan sangat lancar dan tartĩl, skor 100.
b. JikapesertadidikdapatmembacaQ.S.an-Nisā''/4:59,Q.S.al-Māidah/5:48, dan Q.S. at-Taubah/9: 105 dengan  lancar dan tartĩl, skor 75.
c. JikapesertadidikdapatmembacadalamQ.S.an-Nisā''/4:59,Q.S.al-Māidah/5: 48, dan Q.S. at-Taubah/9: 105 kurang lancar dan tartĩl, skor 50.
d. Jikapesertadidiktidak dapatmembacadenganlancardantartĩlQ.S.an-Nisā''/4: 59Q.S. al-Māidah/5: 48, dan Q.S. at-Taubah/9: 105, skor 25.
3. Faṡāḥah
•  Jika peserta didik dapat membaca sangat faṣih, skor 100.
•  Jika peserta didik dapat membaca faṣih, skor 100.
•  Jika peserta didik dapat membaca kurang faṣih, skor 50.
•  Jika peserta didik dapat membaca tidak faṣih, skor 25.

4. Seni tilãwah
•  Jikapesertadidikdapatmembacadengansangatmerdudanindah,skor
100.
•  Jika peserta didik dapat membaca  dengan merdu dan indah, skor 75.
•  Jika peserta didik dapat membaca kurang merdu dan indah, skor 50.
•  Jika peserta didik tidak dapat membaca dengan merdu dan indah, skor 25.

Keterangan:
Sangat lancar : Jika peserta didik memperoleh skor 100
Lancar           : Jika peserta didik memperoleh skor 80
Cukup lancar : Jika peserta didik memperoleh skor 60
Kurang lancar: Jika peserta didik memperoleh skor 40
Tidak lancar  : Jika peserta didik memperoleh skor 20

2.  Menyalin dan Mencari HukumTajwid

 














Keterangan:
T         :Tuntas
TT       :Tidak tuntas
R         : Remedial
P         : Pengayaan
Rubrik penialain:

1. Sesuai kaidah penulisan
•  Jikapesertadidikdapat menulissesuaikaidahpenulisandengansangat
baik, skor 100.
•  Jikapesertadidikdapatmenulissesuaikaidahpenulisandenganbaik,skor
75.
•  Jikapesertadidikdapat menulis  sesuai kaidahpenulisandengankurang
baik, skor 50.
•  Jikapesertadidiktidakdapatmenulis sesuaikaidahpenulisanyangbaik,
skor 25.

2. Kerapian
•  Jika peserta didik dapat menulis sangat rapi, skor 100.
•  Jika peserta didik dapat menulis rapi, skor 75.
•  Jika peserta didik dapat menulis kurang rapi, skor 50.
•  Jika peserta didik dapat menulis tidak rapi, skor 25.

3. HukumTajwĩd
•  Apabila Peserta didik dapat menemukan 8 hukum bacaan, skor 100.
•  Apabila Peserta didik dapat menemukan 6 hukum bacaan, skor 75.
•  Apabila Peserta didik dapat menemukan 4 hukum bacaan, skor 50.
•  Apabila Peserta didik dapat menemukan 2 hukum bacaan, skor 25.


Nilai akhir  :  jumlah skor aspek 1 + aspek 2 + aspek 3   x  100

300

3.   DiskusidanPresentasi   tentangmaknaisikandungan ayat


No.

Nama
Peserta didik
Aspek yang
Dinilai

Skor
Maks


Nilai

Ketuntasan
Tidak lanjut
1
2
3
T
TT
R
P
1










2










3










4










5










dst.











Keterangan:
T         :Tuntas
TT       :Tidak tuntas
R         : Remedial
P         : Pengayaan

Rubrik  penilaian:
1.Kejelasan dan kedalaman informasi
•  Jika kelompok tersebut dapat memberikan kejelasan dan kedalaman
informasi dengan sangat baik, skor 100.
•  Jika kelompok tersebut dapat memberikan kejelasan dan kedalaman
informasi dengan baik, skor 75.
•  Jika kelompok tersebut dapat memberikan kejelasan dan kedalaman
informasi dengan cukup baik, skor 50.
•  Jika kelompok tersebut dapat memberikan kejelasan dan kedalaman
informasi dengan kurang baik, skor 25.

2.Kemampuan bertanya, menjawab dan menanggapi dalam diskusi
•  Jika kelompok tersebut  berperan sangat aktif  dalam diskusi, skor 100.
•  Jika kelompok tersebut berperan  aktif dalam diskusi, skor 75.
•  Jika kelompok tersebut cukup aktif dalam diskusi, skor 50.
•  Jika kelompok tersebut kurang aktif dalam diskusi, skor 25.

3.Kejelasan dan kerapian presentasi
•  Jikakelompoktersebutdapatmempresentasikansangatjelasdanrapi,skor
100.
•  Jika kelompok tersebut dapat mempresentasikan jelas dan rapi, skor 75.
•  Jikakelompoktersebutdapatmempresentasikankurangjelasdan kurang
rapi, skor 50.
•  Jikakelompoktersebutdapatmempresentasikantidakjelasdantidakrapi,
skor 25.

jumlah nilai yang diperoleh peserta didik 

Nilai akhir  =                                                                          x 100
300



D.Tugas Kelompok

Dalam kegiatan tugas/kerja kelompok hal-hal yang dilakukan guru adalah:
a. Membuat kelompok sesuai dengan jumlah peserta didik di dalam kelasnya maksimal 5 orang dalam satu kelompok.
b. Masing-masing kelompok mengerjakan tugas sesuai dengan perintah yang ada di dalam buku peserta didik, guru melakukan mentoring.
c. Masing-masingkelompokmempresentasikanhasilkerjanyadankelompok lainnyamemberikantanggapan,gurumelakukanpengamatandanpenilaian (sangat baik, baik, cukup baik, atau kurang baik).
d. Gurumemberikankomentarataupenguatanterhadapmateriyang didiskusikan oleh peserta didik.


                                                                        Lumajang, 1 Juli  2014
Kepala Sekolah,                                                      Guru Mata Pelajaran,







No comments:

Post a Comment

Makalah QS At Tin

BAB I PENDAHULUAN 1.1.        Latar Belakang Al-Qur'an adalah kitab suci yang diturunkan Allah kepada nabi kita Muhammad.Saw se...