( R P P )
Sekolah
|
:
|
SMA Negeri …………..
|
Matapelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas/Semester
|
:
|
X/ Ganjil
|
Materi Pokok
|
:
|
Meneladani perjuangan dakwah Rasulullah SAW di Mekkah
|
Alokasi Waktu
|
:
|
4x 3Jam Pelajaran
|
A.
Kompetensi Inti (KI)
(K2) : Mengembangkan
perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah
lingkungan, gotong royong, kerjasama,
cinta damai, responsif dan pro- aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia.
(K3) :Memahami dan menerapkan
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
(K4) :Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
2.7Menunjukkan sikap tangguh dan semangat
menegakkan kebenaran sebagai implementasi dari pemahaman strategi dakwah Rasulullah SAW di Mksistensi daekah
|
|
3.10.1Memahami substansi dan strategi dakwah
Rasullullah SAW di
Mekah.
|
3.10.1.1
Menerangkan substansi dakwah rasulullah saw di mekah
3.10.1.2
Menjelaskan strategi dakwah rasulullah saw di mekah
3.10.1.3
Menjelaskan contoh perilaku yang patut diteladani dari sejarah perjuangan rasulullah saw di mekah
|
4.8.1Mendeskripsikan substansi dan strategi
dakwah Rasullullah SAW di Mekah.
|
4.8.1.1
Mendemonstrasikan atau menyimulasikan contoh perilaku yang patut diteladani
dari sejarah perjuangn rasulullah saw di mekah
4.8.1.2
Menjadikan substansi dan strategi dakwah yang dilakukan rasulullah saw di
mekah sebagai sumber inspirasi pengembangan pembelajaran dan sumber
keteladanan
|
C. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu :
1.
Menerangkan
substansi dakwah rasulullah saw di mekah
2.
Menjelaskan
strategi dakwah rasulullah saw di mekah
3.
Menjelaskan
contoh perilaku yang patut diteladani dari sejarah perjuangan rasulullah saw di mekah
4.
Mendemonstrasikan
atau menyimulasikan contoh perilaku yang patut diteladani dari sejarah
perjuangn rasulullah saw di mekah
5.
Menjadikan
substansi dan strategi dakwah yang dilakukan rasulullah saw di mekah sebagai
sumber inspirasi pengembangan pembelajaran dan sumber keteladanan
D. Materi Pembelajaran
1.
Substansi dakwah rasulullah saw
di mekah
a.
Kerasulan Nabi Muhammad dan
wahyu pertama
Nabi Muhammad pertama di angkat menjadi rasul
pada malam hari tanggal 17 Ramadhan saat usianya 40 tahun. Malaikat jibril
datang untuk menyampaikan wahyu pertama yang disampaikan kepada nabi muhammad
saw yaitu, Q.S al-Alaq.
b.
Ajaran-ajaran pokok Rasulllah
saw di mekah
1.
Aqidah
2.
Akhlak mulia
2.
Dakwah secara rahasia/diam-diam
(al-da’wah bil al-Sirr)
3.
Dakwah terang Terang-terangan
(al-Da’wah bi al-Jahr)
4.
Reaksi kafir quraisy terhadap
dakwah rasulullah saw
a.
Kesombongan dan keangkuhan
b.
Fanatisme buta terhadap leluhur
c.
Eksistensi dan persaingan kekuasaan
E. Metode Pembelajaran
1.
Pertemuan 1 : Reading guide dengan The Power of Two
2.
Pertemuan 2 :
Reading guide dengan The Power of Two
3.
Pertemuan 3 : Cooperative learning / Coure Review Horay
F.
Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran:
1.
Media :
Teks bacaan dalam Software
quranflash_tajweed dan Quran-in-
word-1.3. File Video
2.
Alat :
Laptop, LCD projektor
3.
Sumber Belajar :Buku PAI, Tafsir al-Qur’an, dan
sumber lain yang menunjang (internet dan buku).
G.
Langkah-langkah Kegiatan
Pembelajaran:
a. Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
Dalam
Kegiatan Pendahuluan, Guru :
1.
membuka proses pembelajaran dengan memberi salam dan berdo’a,
2.
mengelola kelas (mengecek kesiapan, absensi, tempat duduk, dan
perlengkapan lainnya),
3.
mengajak peserta didik untuk tadarus antara 5-10 menit (membaca/hafalan
al-Qur’an atau surah pendek pilihan),
4.
menyampaikan penjelasan tentang tujuan pembelajaran yang akan
dicapai,
5.
memberikan penjelasan tentang tahapan kegiatan pembelajaran yang
meliputi mengamati, menanya, eksperimen/eksplorasi, menyimpulkan, serta mengomunikasikan.
6.
melakukan appersepsi (sejauh mana peserta didik memahami
hubungan pelajaran yang lalu dan atau konsep yang dimiliki dengan materi yang
akan diajarkan),
7.
melaksanakan tes awal (pretest) untuk mengetahui pemahaman
peserta didik terhadap materi yang akan diajarkan.
8.
memberi
motivasi peserta didik
b.
Kegiatan Inti (105
menit)
1. Mengamati
a. Mencermati bacaan teks tentang substansi dan strategi dakwah
Rasullullah SAW
b. Meyimak penjelasan materi tersebut di atas melalui
tayangan vidio atau media lainnya.
2. Menanya (memberi
stimulus agar peserta didik bertanya)
a. Apa substansi dakwah Rasulullah di Mekah?
b. Apa strategi dakwah Rasulullah di Mekah?
3. Mengumpulkan data/eksplorasi
a. Peserta didik mendiskusikan substansi dan strategi dakwah
Rasullullah SAW di Mekah.
b. Guru mengamati perilaku tangguh dan semangat
menegakkan kebenaran dalam kehidupan sehari-hari.
c. Guru berkolaborasi dengan orang tua untuk mengamati
perilaku tangguh dan semangat menegakkan kebenaran dalam kehidupan
sehari-haridi rumah.
4.
Mengasosiasi
Membuat kesimpulan tentang substansi dan strategi dakwah
Rasullullah SAW di Mekah.
5.
Mengkomunikasikan
Mempresentasikan
/menyampaikan hasil diskusi tentang substansi dan strategi dakwah
Rasullullah SAW di Mekah.
c.
Penutup
1.
Melaksanakan
refleksi dan kesimpulan sebagaimana yang terdapat dalam buku teks peserta didik
pada kolom rangkuman, serta mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didik
dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan
langkah selanjutnya, dalam menerapkan perilaku perjuangan dakwah Rasulullah saw
di mekah, baik di rumah, di sekolah dan maupun di masyarakat
2.
Guru
dan peserta didik menyimpulkan intisari dari pelajaran tersebut.
3.
Merencanakan
kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik secara individu maupun
kelompok, bagi peserta didik yang belum menguasai pembelajaran dakwah
Rasulullah saw di mekah, melakukan remedial, atau pengembangan materi bagi
peserta didik yang lebih berkembang secara kreatif, inovatif dan produktif
4.
Menyampaikan
tema dan rencana pembelajaran pada peremuan berikutnya
H.
Penilaian
Rubrik
penilaian:
1.Kejelasan dan kedalaman informasi
• Jika kelompok tersebut dapat memberikan
kejelasan dan kedalamaninformasi dengan sangat baik, skor 100.
• Jika kelompok tersebut dapat memberikan
kejelasan dan kedalamaninformasi dengan baik, skor 75.
• Jika kelompok tersebut dapat memberikan
kejelasan dan kedalamaninformasi dengan cukup baik, skor 50.
• Jika kelompok tersebut dapat memberikan
kejelasan dan kedalamaninformasi dengan kurang baik, skor 25.
I.
2.Kemampuan bertanya,
menjawab dan menanggapi dalam diskusi
• Jika kelompok tersebut berperan sangat aktif dalam diskusi, skor 100.
• Jika kelompok tersebut berperan aktif dalam diskusi, skor 75.
• Jika kelompok tersebut cukup aktif dalam
diskusi, skor 50.
• Jika kelompok tersebut kurang aktif dalam
diskusi, skor 25.
J.
3.Kejelasan dan kerapian
presentasi
•
Jikakelompoktersebutdapatmempresentasikansangatjelasdanrapi,skor100.
• Jika kelompok tersebut dapat mempresentasikan
jelas dan rapi, skor 75.
•
Jikakelompoktersebutdapatmempresentasikankurangjelasdan kurangrapi, skor
50.
•
Jikakelompoktersebutdapatmempresentasikantidakjelasdantidakrapi,skor 25.
jumlah nilai yang diperoleh
peserta didik

300
No comments:
Post a Comment